Anak Kecanduan Gadget: Apa yang Orangtua Harus Lakukan?

0
533

Anak-anak mahir menggunakan gadget merupakan hal yang sangat wajar sekarang ini. Bahkan terkadang orang dewasa merasa kagum dengan kepandaian tersebut. Akan tetapi, sadarkah Anda jika kecanduan gadget akan memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental anak-anak? Sering bermain gadget dapat menyebabkan kerusakan pada mata dan membuat kesulitan dalam bersosialisasi dengan lingkungannya. Anak-anak ini lebih cenderung tumbuh menjadi pribadi yang tertutup dan acuh terhadap sekelilingnya. Sementara lingkungan sosial menuntut seseorang untuk memiliki kemampuan sosial yang baik.

Menyadari efek jangka panjang dari seringnya bermain gadget membuat orang tua mulai mencari cara-cara kreatif untuk mengatasinya. Berangkat dari kesadaran yang sama, Paprika Living dalam “Healthy Living Festival” di Plaza Semanggi (27/10/17) menghadirkan Vivi Ang, certified behavior consultant, practitioner in therapeutic play skill, dan pemilik Brainfit di Gading Serpong dalam talkshow bertema “Bagaimana Agar Anak Terhindari dari Kecanduan Gadget?”.

Langkah awal yang perlu dilakukan setiap orang tua untuk menghindarkan anak-anak dari kecanduan gadget adalah mengenali kebutuhan dasar mereka, yaitu diakui, diterima, dicintai, merasa aman, dan memiliki kendali penuh akan dirinya. Dan faktanya, kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan bermain gadget. Tidak heran, gadget menjadi benda yang sangat menarik bagi anak-anak.

BACA JUGA : Begini Caranya Agar Anak tidak Kecanduan Gadget

“Untuk menghindarkan anak-anak dari terlalu sering bermain gadget, tugas orang tua adalah membuat mereka merasa kebutuhannya terpenuhi. Sebagai orang tua seharusnya, kita tidak membuat anak-anak merasa takut dan tidak nyaman dengan keberadaan kita. Peran orang tua juga tidak sebaiknya digantikan oleh gadget hanya agar pekerjaan mengurus anak menjadi lebih mudah.” Jelas Vivi Ang. “Menjadi orang tua berarti salah satunya adalah belajar mengerti perasaan anak-anak kita, kalau mereka sedih, kesal, bosan, ataupun bahagia. Buat mereka merasa kalau kita akan selalu ada kapanpun mereka membutuhkan, sehingga anak-anak kita merasa aman, diterima, dan dicintai.”

Selain itu, komitmen dari kedua orang tua sangat diperlukan untuk menghindarkan anak-anak dari gadget. Tips sederhana dari Vivi Ang yakni ciptakan waktu berkualitas di dalam keluarga, setidaknya 2 jam setiap hari atau 1 hari dalam satu minggu, tanpa gadget. Kebiasaan ini dapat menjadi awal yang baik untuk  lebih mengenal dan memahami anggota keluarga Anda.

So, mari kita mulai dari diri kita dulu, sebagai orang tua, untuk mengajarkan kebiasaan baik tanpa gadget. Kalau mau anak-anak tidak main gadget terus, kita juga harus seperti itu, di rumah jangan hanya fokus dengan HP ataupun tablet kita masing-masing. Luangkan waktu untuk ngobrol dan berbagi cerita. Pasti anak-anak kita kelak akan mengikutinya.” Tambah Vivi Ang di akhir sesi talkshow.