Cara Makan Yang Benar di Resto “All You Can Eat”

0
1225
all you can eat resto

Sekarang sedang menjamur resto Korena berkonsep All You Can Eat (AYCE) yang menggoda untuk disambangi bersama teman-teman. Harganya bervariasi dari 59 ribu hingga 99 ribu untuk “makan sepuasnya” (dengan batas waktu tertentu).

Ada dua kebiasaan yang kerap dilakukan orang saat makan di restoran dengan konsep ini. Pertama adalah makan sebanyak-banyaknya—karena ogah rugi pastinya, kemudian kosongkan perut sebelum “pesta besar” tersebut supaya masuknya banyak.

Sedikit banyak ini mengingatkan kita pada salah satu adegan dalam film The Hunger Games, saat Peeta Mellark (Josh Hutcherson) dan Katniss Everdeen (Jennifer Lawrance) menghadiri pesta besar di The Capitol. Para tamu sengaja mengonsumsi minuman tertentu, supaya mereka bisa muntah dan mengisi perutnya kembali.

Di balik konsep ogah rugi, makan berlebihan di restoran All You Can Eat bisa merugikan kesehatan. “Enzim dan hormon akan bekerja lebih keras ketika porsi makan yang masuk ke tubuh begitu banyak dan secara tiba-tiba,” jelas Aviani Harfika SGz, ahli gizi dari Insitut Pertanian Bogor.

Bila sistem pencernaan mengalami gangguan, efeknya bisa membuat seseorang merasa lapar terus-menerus, terutama bila yang dikonsumsi tersebut adalah daging. Sistem pencernaan membutuhkan waktu lebih lama dalam mencerna daging.

BACA JUGA: Kenapa Kita Selalu Makan Lebih Banyak Saat Lebaran?

Selain itu, elastisitas lambung bisa  terganggu, apalagi sebelum makan AYCE perut dalam kondisi kosong.  “Lambung yang sebelumnya kosong kemudian tiba-tiba langsung terisi penuh, makanan bisa jadi rentan kembali ke kerongkongan, dan salah satu risikonya adalah tersedak,” tambah Aviani lagi.

Meski begitu, tentu bukan berarti Anda mesti menjauhi restoran dengan konsep All You Can Eat yang sedang menjamur sekarang ini. Hanya saja, tetaplah makan dengan cerdas dan sehat, meskipun rasanya Anda ingin memaksimalkan semua sudut yang ada di lambung Anda.

Aviani juga menyarankan untuk tetap makan seperti biasa, jangan malah sengaja mengosongkan perut sebelum datang ke restoran AYCE.

“Makanlah sewajarnya dan sesuai dengan kapasitas, jangan melebihi ataupun berlebihan, karena ini sudah pasti bisa mengganggu kesehatan. Pilihlah menu yang banyak sayurannya atau jamur, jangan semua full daging atau karbohidrat,” tambah Aviani.

Perhatikan juga kapan waktu yang sesuai untuk bersantap di resto AYCE. Makan siang rasanya bisa jadi pilihan waktu yang lebih sesuai karena kita masih aktif beraktivitas setelahnya. Untuk minum, pilihlah air putih sebagai teman makan. Free refill teh manis yang umum ditawarkan di resto AYCE ala Korea ini sebaiknya Anda lewatkan.

BACA JUGA: Teh Kapulaga: Merawat Pencernaan Hingga Mengobati Mood Swing

“Mendukung” Obesitas

Menurut Brian Wansink Direktur Cornell University’s Food and Brand Lab yang juga menulis buku Mindless Eating: Why We Eat More Than We Think, salah satu pemicu obesitas adalah perilaku makan dalam porsi besar dan kemudahan mendapatkannya.

Sejatinya konsep restoran AYCE dan prasmanan memudahkan akses makan besar tersebut yang secara tidak langsung mendukung kebiasaan makan berlebihan. Ditambahkan juga oleh Brian kalau makan dengan konsep AYCE ini akan membuat Anda sulit untuk mengetahui kapan harus kenyang.

Ini dikarenakan Anda terus menerus disajikan berbagai pilihan makanan dalam porsi yang unlimited. Secara psikologis, ini membuat Anda “tidak kenyang-kenyang”.

Nah ada beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan dan membantu mengontrol pola makan saat sedang berada di resto AYCE.

Beberapa diantaranya adalah menggunakan piring kecil, memajukan kursi sehingga posisi perut hampir mendekati meja, dan duduk di tempat yang jauh dari meja yang menyediakan makanan untuk memaksa Anda “bergerak”.

Tentu tips ini hanya sedikit membantu, karena pada akhirnya kontrol ada pada mental dan pikiran Anda sendiri.

BACA JUGA: Saatnya Beralih ke Hotel Sustainable