Cara Mudah untuk Makan Buah dan Sayuran Lebih Banyak

0
307
makan buah dan syur
Foto: jez-timms on unsplash

Apa pun alasannya, pasti ada saja beberapa waktu tertentu saat Anda merasa malas untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Padahal Anda pasti juga sudah tahu, manusia senantiasa membutuhkan setidaknya lima porsi sayur dan buah per harinya untuk menjaga badan tetap sehat sekaligus menyuplai vitamin yang tidak diproduksi oleh tubuh. Selain itu, buah dan sayur pun mengandung banyak khasiat yang dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit.

Nah, jika saat ini Anda mengalami rasa malas itu, beberapa cara berikut bisa membantu Anda untuk tetap memasok buah dan sayur. Dicoba ya!

  1. Meminumnya

Meneguk sari buah dan sayuran dalam bentuk jus pastinya lebih ringkas dan relatif cepat daripada harus memasaknya. Yang tinggal Anda lakukan hanyalah memotong-motongnya sebentar kemudian dihancurkan menggunakan blender.

  1. Parut atau cincang sebelum ditambahkan ke dalam masakan

Jika Anda sering membuat omelet untuk sarapan, tambahkan saja cacahan tomat dan paprika hijau ke dalam kocokan telur sebelum menggorengnya di wajan. Begitu pula halnya dengan resep spageti Bolognese favorit Anda di mana Anda selalu bisa mencampurkan wortel dan seledri yang telah diiris kecil-kecil ke dalam sausnya.

  1. Tuangkan sesuatu yang Anda suka sebagai campurannya

Selain menambahkan dressing di atas sayur-mayur, Anda juga dapat memasukkan potongan buah segar ke dalam segelas yogurt kesukaan. Sebagai alternatif hidangan penutup, celupkan beberapa potong stroberi dan kiwi ke dalam dark chocolate cair untuk membuat fondue yang lezat.

  1. Pilih produk sayur dan buah-buahan yang dibekukan atau dikeringkan

Beberapa orang mungkin enggan menyimpan buah atau sayuran di kulkas karena sifatnya yang cenderung mudah membusuk. Padahal, Anda selalu bisa membeli buah yang dikeringkan. Sekarang, bukan hanya kismis saja yang tersedia di pasaran melainkan beraneka ragam buah kering seperti pisang, mangga, nangka, dan lain sebagainya. Dan saat pergi ke bagian frozen food di pasar swalayan, ambil beberapa kantong sayuran atau buah beku, misalnya. Sesampainya di rumah, Anda bisa memasukkannya  ke dalam blender bersama-sama dengan potongan pisang beku untuk membuat hidangan es krim nan segar!

  1. Beli buah dan sayuran dengan kemasan yang lebih praktis

Selain sayur dan buah dalam kaleng, Anda juga dapat membeli buah yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu. Di supermarket, kini sudah banyak terdapat green salad yang sudah diwadahi sedemikian rupa di dalam plastik.

6. Superfood Powder

Sekarang banyak tersedia superfood / green powder, yaitu bermacam-macam sayur yang sudah dibuat bubuk. Menambahkannya ke smoothie seperti menambahkan puluhan sayur yang membuat smoothie Anda jauh lebih “berisi” dan tentunya lebih banyak siraman nutrisi ke tubuh. Sayangnya sejauh ini kami perhatikan umumnya green powder yang tersedia adalah produk-produk impor sehingga berpengaruh pada harganya, contohnya seperti ini. Untuk alternatif, Anda bisa menambahkan superfood lokal seperti daun kelor yang kini sudah banyak tersedia versi bubuknya. Salah satunya Kelor Powder keluaran herbilogy ini. 

Sekadar tip, jangan terlampau memperhitungkan murah atau mahalnya karena kesehatan Anda jauh lebih berharga!