Bikin Hand Sanitizer Dengan Formula Rekomendasi WHO

0
4869

Sejak Coronavirus (COVID-19) merebak, hand sanitizier susah sekali dicari, kalau ada pun harganya sudah tidak wajar.

Lalu di internet pun bertebaran resep untuk membuat hand sanitizier sendiri. Ada yang pakai aloe vera gel (tapi karena kita tidak suka gel, karena biasanya lengket, kita tidak mau coba.) Ada juga yang menggunakan vodka (kalau yang ini udah banyak sekali dibahas ya kalau tidak efektif, makanya kami juga tidak tertarik untuk mencoba).

Akhirnya kami ketemu “resep” Hand Sanitizer dari sumber yang lebih terpercaya, yaitu Badan Kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO), “Guide to Local Production: WHO-recommended Handrub Formulations” .

Dari resep itu kami mencoba membuat untuk volume 320 ml.

Inilah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 240 ml isopropyl alcohol 99% ( untuk alkohol 70% lihat catatan di bawah)
  • 15 ml hydrogen peroxide 3%
  • 5 ml glycerin
  • air sampai memenuhi 320 ml

Peralatan:

  • 3 wadah untuk bahan-bahan
  • Alat pengaduk
  • Gelas Pengukur
  • Corong
  • Botol untuk tempat hand sanitizer
  • Sarung tangan

Cara membuatnya adalah tuang alkohol lalu lanjutkan dengan bahan-bahan lainnya.

Untuk yang menggunakan alkohol 70%, gunakan sebanyak 300 ml (seperti yang kami lakukan), jadi tidak perlu ditambahkan air.

Hasil akhirnya akan turun menjadi 66% alkohol, di bawah yang dianjurkan WHO yaitu 75% tapi masih lebih tinggi dari kebutuhan minimun alkohol untuk bisa bekerja dengan efektif, yaitu 60%.

Jangan gunakan 99% alkohol langsung untuk hand sanitizer.

Fungsi Bahan-Bahan Yang Digunakan:

1. Isopropyl alcohol

adalah bahan yang dapat membunuh bakteri dan virus. Sampai kemarin, kami masih mudah menemukan alkohol di supermarket dan apotik. Harganya pun tidak melonjak. Bisanya tersedia dengan kandungan 70%, 91%, dan 99%. Kami hanya mendapat yang 70%.

Hand sanitizer harus mengandung alkohol antara 60-95%. Kandungan akhir alkohol akan turun ketika formulanya jadi. Anda harus mengetahui ini untuk mencapai target kandungan alkohol yang diinginkan.

2.  Hydrogen peroxide 3% 

Gunanya untuk menjaga hand sanitizier tetap bersih dari spora bakteri yang mungkin ada dalam hand sanitizer. Dalam jumlah tertentu, ia juga berfungsi sebagai antiseptik untuk mencuci luka.

3. Glycerin / glycerol

Biasa ditemukan di produk kosmetik untuk sebagai pelembab. Berguna untuk menghindari tangan terlalu kering karena alkohol.

Untuk menjawab banyak pertanyaan seputar pemakaian essential oil dan gel, jawaban kami: Sudah pasti Anda bisa mencobanya! Tapi yang jelas, resep ini tidak menganjurkan tambahan wewangian gel atau selain bahan yang disebutkan.

Hati-hati dengan formula hand sanitizer dengan alkohol akhirnya kurang dari 60%, karena untuk bisa bekerja dengan efektif kandungan alkoholnya hand sanitizer harus berada diantara 60% – 90%.

Hasilnya, hand sanitizer cair seperti air, tidak lengket dan cepat kering.

Selamat mencoba!

 

BACA JUGA: Benarkah Kombinasi Jahe, Temulawak, Kunyit Lebih Berkhasiat?