Ada Sisa Bahan Makanan? Yuk Kita Bikin Jadi Garam!

0
423
Kreatif Menggunakan Sisa Bahan Makanan Jadi Garam
Kreatif Menggunakan Sisa Bahan Makanan Jadi Garam

Nasehat Bijak “Jadilah Garam Dunia”

Ada nasehat bijaksana yang mengatakan “Jadilah Garam Dunia”. Nasehat yang ‘dalam’ itu ternyata memang menggambarkan sifat-sifat garam.

Garam dikenal sebagai agen pengubah. Fisiknya yang sekeras batu bisa larut dalam air dan memiliki banyak manfaat.

Fungsi Garam di Negara Bermusim Salju dan Musim Panas

Di negara yang bermusim salju, garam bisa digunakan untuk mencairkan es agar jalanan tidak licin, sementara pada musim panas, ia dapat membantu proses pembuatan es krim agar cepat membeku.

Garam juga membuat rasa masakan lebih menonjol dan membantu fermentasi makanan. Tentunya Anda juga tahu kalau garam bisa mematikan bakteri dan sering dipakai untuk mengobati gangguan kulit.

Belajar Mendaur Ulang Kulit dan Akar Sayur-sayuran Supaya Bisa Digunakan Lagi

Nah dari food52.com kami belajar bahwa garam juga dapat digunakan untuk mendaur ulang kulit dan akar sayur-sayuran sehingga bisa digunakan lagi! No food waste, yeay!

Pada dasarnya, kulit dan akar sayuran bisa dimakan, terutama yang organik. Kulit yang bisa dipakai antara lain bit, wortel, celeriac, daikon, jahe, akar paterseli, ubi jalar, lobak. 

#1. Keringkan. Bisa pakai oven atau dehydrator.

#2. Setelah kering, giling kulit dan akar hingga halus. Masukkan ke dalam toples dan campur dengan sejumput garam alami. Kini garam Anda punya rasa berbeda yang pastinya akan memberi rasa berbeda juga pada masakan Anda.

Garam-sayur
Photo by Bobbi Lin

#3. Menambahkan sejumput garam wortel dan jahe pada sup akan membuat masakan Anda lebih bertenaga dengan rasa yang lebih menarik. Tambahan garam ubi jalar pada potato pancake setelah digoreng juga akan membuatnya lebih lezat.

Garam dengan beraneka rasa dari kulit dan akar sayuran ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk menambah variasi pada masakan Anda, dan menghindari membuang makanan. Dan yang terpenting, tetap sehat!

Tertarik bikin? Simak caranya berikut ini :

  • Scrub akar dan kulit sayuran dengan air dingin
  • Gunakan alat pengupas kulit untuk memisahkan kulit sayuran dengan daging sayur yang masih tersisa.
  • Tata kulit yang sudah bersih dan dicuci di atas loyang, kemudian panggang pada rak bagian atas oven dengan suhu 325 – 350oF sampai kering. Pastikan ujung-ujung kulit sayuran melengkung tetapi tidak gosong. Anda bisa memanggangnya selama 15 – 20 menit.
  • Keluarkan kulit sayuran dari dalam oven dan biarkan dingin sebelum memasukkannya ke alat penggiling. Bisanya, satu cup kulit sayuran kering ini akan menjadi beberapa sendok makan serbuk setelah digiling.
  • Tambahkan 1 sendok makan garam laut untuk setiap hasil gilingan kulit sayuran. Kemudian, aduk hingga tercampur rata.
  • Diamkan selama beberapa jam sebelum digunakan dalam masakan rumah Anda.
  • Garam beraneka rasa siap untuk digunakan.

Anda bisa menyimpannya selama beberapa minggu di toples tertutup.

Selamat mencoba!