Bumbu Segar dalam Jangkauan Rumah Kita Sendiri

0
137
Bumbu Segar dalam Jangkauan Rumah Kita Sendiri
Bumbu Segar dalam Jangkauan Rumah Kita Sendiri

Apa itu Bumbu dapur?

Bumbu dapur adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Fungsinya yang luas, yang tidak hanya digunakan untuk keperluan memasak tapi juga untuk obat.

Beberapa bumbu bisa kita beli di pasar atau supermarket dalam keadaan segar, beberapa di antaranya tersedia dalam bentuk yang sudah dikeringkan.

Mudahnya mendapatkan bumbu-bumbu dapur tersebut membuat kita tidak pernah terpikir untuk menanam bumbu-bumbu itu sendiri.

Padahal, beberapa di antaranya cukup mudah untuk ditanam. Bukan hanya bumbu-bumbu yang biasa digunakan di dalam makanan Indonesia, tapi juga bumbu-bumbu untuk makanan internasional seperti basil, mint atau rosemary.

Dan seperti rekannya para bumbu Indonesia, bumbu asing itu pun memiliki manfaat untuk kesehatan.

Anda mungkin berpikir, untuk apa menanam sendiri bumbu-bumbu yang bisa dengan mudah dibeli di pasar atau supermarket.

Begitu pula dengan bumbu-bumbu asing (rosemary, basil) yang kini semakin banyak yang menjualnya.

Ini dia alasannya!

Biarpun harganya tidak terlalu mahal, jika kita bisa menanam sendiri beberapa bumbu yang sering dipakai secara tidak langsung kita akan membuat banyak penghematan.

Selain itu, kita tahu betul bagaimana bumbu-bumbu tersebut ditanam: media tanahnya, sumber bibit hingga bahan apa yang dipakai untuk mencegah terjangkit hama dan untuk menyuburan tanaman.

Bagi yang ingin memulai cara hidup organik dan mandiri, menanam bumbu sendiri ini bisa dijadikan ajang uji coba awal.

Daun Basll banyak dijual, tapi Anda bisa menanamnya sendiri

Keluhan Lain yang Biasa Dilontarkan

Keluhan lain yang biasa dilontarkan adalah sempitnya lahan rumah. Maklumlah, di tengah harga tanah yang semakin mahal, luas rumah semakin mungil.

Belum lagi orang-orang yang memutuskan tinggal di apartment. Maka makin jaranglah orang memiliki halaman rumah cukup besar yang dapat ditanami berbagai tanaman.

Jika ini masalahnya, maka tidak usahlah terlalu risau. Pot-pot kecil yang cantik bisa dengan mudah didapat, dengan media inilah kita dapat menanam bumbu-bumbu yang dibutuhkan.

Jenis bumbu yang akan ditanam pun bervariasi, tergantung kebutuhan, juga tergantung kondisi tanah di lokasi rumah.

Tidak Kesulitan dalam Menanam Cabe Merah / Rawit

Banyak orang yang tidak kesulitan menanam cabe merah atau cabe rawit,

  1. tinggal letakkan saja biji-bijinya di atas tanah.
  2. Rajin disiram dengan air.
  3. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

Tidak berapa lama kemudian, akan tumbuh pohon cabe yang memang tidak terlalu tinggi. Jika nasib baik berpihak pada kita, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama,kita bisa langsung memetik cabe dari pohonnya ketika hendak membuat sambal atau memasak.

Tanaman Lain yang Mudah Ditanam: Sirih dan Kemangi

Tanaman lain yang cukup mudah ditanam adalah sirih dan kemangi.

Untuk sirih, tinggal tanam batangnya di tanah kemudian rambatkan di kawat. Sedangkan untuk kemanggi, prosedurnya tidak begitu berbeda dengan cabai, dengan menanam bibitnya di pot atau sepetak tanah kecil.

Dan nantikan saat-saat Anda tinggal memetik bumbu-bumbu yang dibutuhkan ketika memasak. Dan jangan heran ketika setelahnya jadi ketagihan berburu bibit bumbu untuk ditanam.