Air Murni & Alkali Dengan Binchotan

0
317
Air Murni & Alkali Dengan Binchotan dan Harga Terjangkau
Air Murni & Alkali Dengan Binchotan dan Harga Terjangkau

Sejarah Arang Aktif / Arang Putih (Binchotan)

Meski penampakannya hitam layaknya arang, Binchotan, yang sudah ada di Jepang sejak 1.200 tahun lalu, disebut arang putih.

Pada masa itu, ketika masyarakat mengadakan Chado atau acara minum teh, mereka akan menggunakan arang dengan kualitas terbaik.

Untuk menghasilkan itu, diperlukan proses pembakaran pada suhu tinggi selama 14 hari.

Proses pedinginannya pun tidak menggunakan air, tetapi bara atau arang dikeluarkan dari tungku pada suhu 1200 derajat celcius, kemudian ditutup menggunakan abu dari kulit kayu dan pasir halus.

Proses ini menyebabkan permukaan arang berwarna putih, sehingga disebutlah arang putih atau Binchotan.

Binchotan dapat digunakan sebagai filter air alami

Penelitian Tentang Keunggulan Binchotan dari Arang Biasa

Beberapa penelitian mengungkapkan keunggulan Binchotan dari arang biasa.

Salah satunya memiliki jalur pori yang sangat banyak atau 1 gram arang memiliki luas permukaan 250 meter persegi.

Hal ini membuat binchotan memiliki daya serap terhadap substansi kimia yang sangat baik, sehingga dapat digunakan sebagai penyaring air yang berkualitas, pengatur kelembaban, penyerap bau, detoksifikasi.

Sebagai Penjernih Air  

Salah satu cara yang paling mudah adalah menggunakannya sebagai penyaring air. Dengan merendamnya dalam botol minum selama beberapa jam, Binchotan akan menjernihkan air.

Pori-porinya yang kecil memungkinkan arang menyerap sisa zat kimia dan logam berat pada air minum, dan menambahkan mineral, seperti postasium dan magnesium.

Binchotan juga dapat mengubah sifat air menjadi basa dengan pH 8+, atau yang kita kenal dengan Air Alkali. Ya, dengan Binchotan, mungkin Anda tidak perlu lagi membeli air alkali dalam kemasan.

Binchotan dapat digunakan selama 3 bulan dan dapat diaktifkan lagi dengan merebusnya selama kira-kira 10 menit.

Jika Anda ingin mencoba, arang putih ini mudah didapatkan  di toko-toko kesehatan atau toko online. Harga arang binchotan juga terjangkau, mulai dari harga Rp 12.000.

Selain untuk kesehatan tubuh, Binchotan juga bisa digunakan untuk hal lain dari menjernihkan minyak masak, tanaman, hingga penyerap bau tak sedap.

Manfaat Binchotan

1. Membersihkan saluran pencernaan dalam tubuh

Anda bisa membersihkan saluran pencernaan dengan arang Binchotan. Dengan  mengkonsumsi pil arang ini dapat secara efektif membersihkan saluran pencernaan agar terbebas dari bakteri atau racun.

2. Menjaga kesehatan mulut

Binchotan juga menjaga kesehatan mulut. Rongga mulut kita sebenarnya kotor karena dipenuhi dengan bakteri dan ion negatif.

Yang pada akhirnya membuat mulut kita bau dan tidak sedap. Arang tersebut bagus untuk membersihkan kuman, bakteri dan menjaga kesimbangan pH dalam mulut.

Dengan basahi sikat gigi dan oleskan pada bubuk arang aktif, sikat gigi Anda pada bagian yang menguning ataupun kotoran gigi yang membandel.

3. Mengobati Diare

Setiap orang pasti pernah mengalami gangguan diare. Pasti tidak nyaman sama sekali karena kita harus bolak balik ke kamar mandi.

Bila sedang diare, Anda bisa meminum bubuk arang Binchotan, beberapa menit kemudian diare reda dan tubuh tidak lemas.

4. Baik untuk berkebun

Manfaat lain Binchotan yaitu untuk pertanian, arang dapat dijadikan sebagai media untuk menetralisir kadar air dalam tanah.

Binchotan menjadi tempat berkembangnya mikro-organisme karena memiliki jutaan rongga yang mewadahi untuk berkembang biak, mampu menyerap gas atau zat beracun, dan mampu mencegah hama dan penyakit penyerang tanaman.

5. Mengobati luka pada kulit

Luka pada permukaan tubuh kita bila dibiarkan teralu lama akan menyebabkan infeksi.

Cara menyembuhkannya coba dengan menggunakan arang Binchotan, caranya cukup mudah yaitu Anda bisa menempelkan arang pada kulit yang luka.

Secara efektif arang bisa meyerap bakteri pada luka yang terinfeksi.

Cara mengkonsumsi arang Binchotan untuk semua pengobatan gangguan penyakit sama, biasanya arang diambil sebanyak tiga sendok kemudian taruh di gelas kecil dan tambahkan air secukupnya kemudian aduk hingga rata.

6. Makanan

Dalam makanan Binchotan digunakan sebagai pewarna makanan dan sangat aman apabila pemakaiannya dalam jumlah kecil atau sesuai anjuran.

Karena dalam dunia medis, zat arang aktif digunakan untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan, baik dari keracunan makanan atau overdosis obat-obatan.

Selain itu, bisa digunakan merebus makanan, menggoreng, ataupun memasak nasi. Caranya, Binchotan dimasukan bersamaan dengan air atau minyak saat masih dingin.

7. Penyerap Bau Tidak Sedap

Binchotan bisa membantu dalam menyerap bau tidak sedap dalam rumah dengan cara menaruh Binchotan di atas wadah dan letakan di tempat ruangan yang berbau.

8. Perawatan Wajah 

Jika Anda perhatikan, sekarang bermacam produk berlomba memasukkan arang ke dalam kandungan produknya.

Dari pasta gigi, shampoo, sabun, hingga perawatan wajah seperti sabun atau masker wajah.

Binchotan cocok untuk wajah yang bermasalah dengan minyak.

Karena selain membersihkan ia bisa menyerap minyak berlebih meski tidak sekeras kerja  pembersih muka kimia. Selain itu Binchotan juga membantu mengobati jerawat.

Baca juga: