Pernapasan Lebih Bersih Dengan Terapi Garam Haloterapi

0
314
Terapi Garam Salt Therapy Bali

“Ini sebenarnya sama seperti kita berada di pinggir pantai, menghirup udara pantai, tapi ini 10 kali lebih kuat dan lebih steril,” ungkap Made Parwati, manager Bali Better Breathing, mendeskripsikan Halotherapy saat kami akan mencobanya di Ubud, Bali.

Halotherapy atau terapi garam adalah pengobatan alami yang secara ilmiah terbukti dapat membantu gangguan pernapasan. Meski begitu, tidak terbatas pada pernapasan, terapi ini  dikatakan juga dapat membantu berbagai masalah kulit, infeksi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi ngorok, hingga depresi.

Anda yang tidak memiliki keluhan apapun juga bisa menikmati terapi ini untuk relaksasi, layaknya ketika Anda ingin bersantai menghirup udara pantai. Bedanya ruangan tertutup dengan garam murni sebagai pasirnya (seluruh lantai ditutupi oleh garam), minus angin dan matahari (sebaliknya, ruangannya dingin sekali).

bali-better-breathing

Cara kerja terapi ini sangat sederhana. Para tamu akan masuk ke salt room yang menggunakan teknologi Halogenerator. Sambil mendengarkan musik, pasien akan menghirup partikel-partikel garam yang sangat halus. Bulir-bulir garam inilah yang akan masuk membersihkan paru-paru dari bakteri, polutan dan berbagai racun yang menumpuk dari kehidupan sehari-hari. Garamnya bukan garam biasa, ujar Made, namun garam kategori farmasi yang dibawa dari New Zealand.

Made juga mengatakan yang paling banyak datang ke tempat ini adalah mereka yang memilki keluhan seperti sinus, asma, umumnya masalah pernapasan. “Tapi yang parah seperti cancer juga ada. Sebenarnya tidak disarankan, tapi beberapa klien kita ada yang pasien kanker, mengatakan mereka merasakan manfaatnya,”ungkap Made. Beberapa orang perokok juga mengaku dada dan tenggorokannya “lebih ringan” setelah rajin melakukan terapi ini.

Bali Better Breathing adalah penyedia Salt Therapy pertama dan yang tersertifikasi di Indonesia. Ada beberapa ruangan tersedia di sini, semuanya nyaris sama. Sebelum masuk, kami diminta untuk memakai alas kaki, yang dimaksudkan untuk menjaga agar ruangan tetap steril.

Kami sendiri tidak merasakan apapun yang terlalu berbeda saat masuk ke dalam ruangan ini. Kami hanya duduk di dalam suasana penerangan temaram, menikmati musik yang nyaman, dan bernapas saja seperti biasa. Kedinginan juga, tapi untung ada selimut. Hembusan garam terdengar, menyembur ke dalam ruangan setiap beberapa menit sekali – seperti mesin pengharum ruangan. Handphone dan elektronik apapun tidak bisa masuk ke dalam ruangan. Pemandangan yang ada hanyalah beberapa lampu Himalayan salt yang berpendar mengeluarkan cahaya redup. Sangat menenangkan. Sehingga ketika menjalani terapi ini, yang paling baik untuk dilakukan adalah fokus untuk rileks dan bernapas dengan benar.

terapi-garam-anak
Anak berusia dari 6 bulan bisa mengikuti terapi garam. Foto: PaprikaLiving

Anak-anak sejak usia 6 bulan sudah bisa mengikuti terapi ini. Treatmentnya hanya 30 menit, dan orangtua diperbolehkan ikut menemani. Di dalam ruangan disediakan mainan, sehingga anak-anak mungkin tidak akan sadar kalau mereka sedang menjalani “terapi”. Yang ada mereka akan senang begitu mengetahui kalau seluruh lantai “terbuat” dari garam, yang bisa jadi bahan mainan. Maka itu satu hal yang perlu dijaga ketika membawa anak-anak adalah harus awasi agar ketika bermain, garamnya tidak masuk mata. Selain mereka yang datang secara pribadi, Made menjelaskan, banyak juga yang datang dalam kelompok (bisa sampai 30 orang) membooking ruangan-ruangan tersebut untuk yoga atau meditasi.

Seperti semua yang alami, terapi garam pun tidak menjanjikan hasil yang instan. Perlu konsistensi untuk kita bisa merasakan efeknya. Kami sendiri tidak merasakan efek yang berbeda setelah menjalani satu sesi. Saya hanya meyakini partikel-partikel garam yang baik itu sudah saya hirup dan membawa kebaikan untuk tubuh saya.

BACA JUGA : Garam Epsom, Gunanya Untuk Kesehatan Hingga Kebun Anda

“Untuk penyembuhan memang tergantung kondisinya. Semakin berat kondisinya mungkin semakin lama. Kita selalu rekomen 5 sampai 20 kali treatment, tergantung kondisi,”ungkap Made yang menjelaskan, untuk satu sesi (untuk dewasa 45 menit), tamu akan dikenakan biaya sekitar 220 ribu.

Lebih jelas tentang tempatnya, yuk tonton videonya!