Benarkah Madu Efektif Sebagai Masker Wajah?

0
268
madu untuk masker wajah

Penelitian dari US National Library of Medicine National Institutes of Health mengungkapkan bahwa madu memiliki kandungan yang memberikan efek antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, antiproliferatif, antikanker, dan antimetastatik.

Karenanya, madu sering digunakan untuk pengobatan berbagai kondisi penyakit seperti diabetes melitus, pernapasan, pencernaan, kardiovaskular, masalah sistem saraf, termasuk pengobatan kanker.

Lantas, bagaimana manfaat madu untuk kecantikan, seperti sebagai masker wajah?

Diyakini Menghaluskan dan Menghilangkan Jerawat

Madu memiliki tingkat monosakarida, fruktosa, dan glukosa yang tinggi, dan mengandung sekitar 70% – 80% yang tidak hanya manis tetapi memberikan rasa manis. Madu juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri maka itu diyakini dapat menghaluskan dan menghilangkan jerawat.

Menggunakan madu sebagai masker wajah dipercaya dapat menghancurkan bakteri dan menjaga pori-pori lebih bersih. Meskipun glukosa adalah bagian besar dari energi makanan, konsentrasi tinggi itu sebenarnya dapat membunuh bakteri.

Itulah sebabnya Anda tidak disarankan untuk menyimpan madu di lemari es, karena bakteri sulit bertahan di dalamnya. Menggunakan masker madu untuk wajah dapat membantu mencegah jerawat datang di masa depan. Soalnya kandungan madu bisa mencegah bakteri terbentuk kembali di pori-pori.

Masker Madu Dan Minyak Kelapa

Madu yang direkomendasikan adalah madu mentah yang belum dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Pengaplikasiannya, tinggal mengoleskannya tipis dan merata ke seluruh permukaan kulit wajah, didiamkan selama 30 menit, lalu cuci bersih wajah.

Untuk jerawat membandel, Anda bisa memoleskan madu yang dicampur dengan tea tree oil atau lavender oil supaya jerawat mengempis lebih cepat dan meminimalisir munculnya bekas jerawat.

Madu sebagai cleanser alami, kenapa tidak? Madu bila dicampur dengan minyak kelapa atau minyak jojoba bisa menjadi pembersih wajah yang efektif. Campuran minyak kelapa atau jojoba bisa melembapkan kulit yang habis diberi makeup. Untuk menciptakan sensasi relaksasi dan aromatik, Anda bisa memberikan sejumput kayu manis atau pala.

Madu Manuka Ideal Untuk Masker Wajah

Menurut Dr. Antoni Teguh Nugroho yang berpraktik di Dr’s Clinique Batam, madu memang memberikan efek melembapkan karena kandungan gulanya yang tinggi. Jadi, ketika dioleskan ke wajah akan menyebabkan penarikan cairan ke lapisan atas kulit melalui proses osmosis sehingga kulit bagian atas jadi lebih lembap.

Madu juga baik dioleskan ke jaringan yang mengalami perlukaan seperti tergores atau robek untuk mempercepat pertumbuhan jaringan kulit. Namun dokter Antoni mengatakan kalau untuk mencerahkan dan menghilangkan jerawat, madu kurang efektif.

“Memang dari kandungannya banyak yang bagus, tapi apa dengan waktu kontak kulit setengah jam atau sejam bisa cukup memberikan waktu supaya zat-zat yang dibutuhkan tersebut terserap dan mengangkat sel-sel kulit mati?” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwasanya tidak semua madu bisa digunakan sebagai masker. Salah satu jenis madu yang disarankan adalah madu manuka yang harganya memang lumayan tinggi.

Menurutnya kadang ilusi rasa senang membuat kita merasakan sesuatu yang kita percayai dan harapkan benar-benar terjadi atau biasa disebut sebagai efek placebo.

Selain penggunaan masker sejatinya menjaga pola dan gaya hidup sehat bisa membantu mencerahkan dan menghilangkan jerawat, seperti rajin membersihkan wajah, minum air yang cukup supaya tidak dehidrasi, pakai sunblock sesuai tipe wajah, kurangi makanan yang kandungan karbohidrat/gula/tepungnya tinggi dan bisa juga mengonsultasikan masalah kulit berjerawat ke dokter.

BACA JUGA: Virgin Coconut Oil-Manfaat Luar Biasa Dari Kelapa