Benarkah Ikan Kembung Lebih Sehat Ketimbang Salmon?

0
150
manfaat ikan kembung

Bukan supaya tidak ditenggelamkan Bu Susi Pudjiastuti ya, kita direkomendasikan mengonsumsi ikan karena makanan laut ini terbukti sehat. Salmon sebagai “dewanya” ikan— karena berbagai kandungan super terutama omega-3-nya, kerap membuat orang berpikir dua kali sebelum membeli, karena harganya yang terbilang mahal.

Jika Anda termasuk orang-orang itu, kenapa tidak mencoba ikan Kembung yang lebih mudah ditemukan di Indonesia? Menurut Dr. Bruce Holub, B.Sc., Ph.D., dari DHA / EPA Omega-3 Institute, ikan salmon dan kembung menyediakan sumber Vitamin D yang kurang kebih setara. Hanya saja, salmon sering dianggap lebih baik karena cenderung rendah kontaminasi logam berat (merkuri).

Padahal banyak data yang menyebutkan kalau salmon juga ada mengalami perawatan yang sarat akan bahan yang merugikan tubuh. Sebuah video mengungkapkan praktek ini pada sebuah peternakan salmon Norwegia. Sering digadang-gadang sebagai salmon terbaik yang maka itu dijual dengan harga tinggi, ternyata salmon norwegia diungkapkan sebagai makanan yang paling beracun di dunia!

 

Jika Anda setuju dengan konsep pangan lokal, maka ikan kembung lebih pas untuk dijadikan andalan. Lebih cerdas dan detaillah dalam memilih ikan, pilih yang benar-benar segar untuk dikonsumsi. Kalau perlu ada baiknya Anda tahu di perairan mana ikan tersebut ditangkap.

Berikut adalah catatan manfaat yang akan Anda peroleh dari konsumsi kembung!

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi adalah kondisi umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Ketika tekanan darah terlalu tinggi, jantung akan dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk memompa darah, meningkatkan risiko penyakit jantung. Ikan kembung dikenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah.

  1. Mengurangi Kolesterol

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan di seluruh tubuh Anda. Meskipun tubuh  memang membutuhkan kolesterol, terlalu banyak akan menumpuk dalam darah dan menyebabkan arteri Anda menyempit dan mengeras. Nah, mengonsumsi ikan kembung setidaknya beberapa kali dalam seminggu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol.

  1. Membantu Melawan Depresi

Ikan kembung juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat memberikan perlindungan terhadap serangan depresi. Menurut jurnal kesehatan yang dipublikasikan oleh Science Direct, asam lemak omega-3 mampu mengurangi gejala depresi hingga 50 % pada mereka yang mengalami depresi berat, gangguan bipolar, dan depresi berat pada masa kanak-kanak.

  1. Memperkuat Tulang

Seperti jenis ikan berminyak lainnya, ikan kembung mackerel adalah sumber Vitamin D yang baik. Vitamin D adalah kunci bagi banyak aspek kesehatan, terutama kekuatan tulang. Ini membantu dalam metabolisme kalsium dan fosfor dan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tulang yang lebih kuat. Wanita pascamenopause dengan kadar Vitamin D rendah dalam darah berada disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak ikan.

Nah, masih ragu mengonsumsi ikan kembung?

BACA JUGA: Menginjak Usia 40 Tahun, Ini Makanan yang Direkomendasikan untuk Dikonsumsi