Belajar Raw Food Bersama Simone Samuels

0
249
simone-samuels-raw-chef-jakarta

Jika berbicara tentang raw food, mungkin yang cepat terpikirkan oleh kita adalah seputar salad, lalap, atau jus. Padahal, dengan pengetahuan yang lebih banyak tentang teknik dan bahan-bahan makanan yang membantu kita menjaga pola hidup sehat, kita bisa membuat segala jenis “makanan biasa” dalam versi raw food, mulai dari sup, pudding, hingga kue. Tentu semua dibuat tanpa bantuan panas atau kompor. Beragam resep raw food sangat mudah  ditemukan di internet, tapi jika Anda mau belajar langsung, Anda bisa berguru pada penggiat-penggiat raw food, salah satunya adalah Simone Samuels.

Simone-Samuels-raw-food-healthy-jakarta

Simone adalah seorang ekspatriat Australia yang tinggal di Jakarta. Mengantongi sertifikasi raw food chef, Simone mendirikan The Wellness Warung, website yang dijadikannya sebagai kendaraan untuk mempopulerkan gerakan raw food pada masyarakat Asia.

Selain berbagi informasi, perempuan yang juga merupakan holistic health and lifestyle coach ini juga sering menggelar beragam kelas secara reguler di Jakarta. Melalui kelasnya “Uncooking 101” misalnya, ia berbagi pengetahuan bagaimana mengolah bahan mentah menjadi bermacam jenis olahan sedap nan sehat seperti smoothies, susu, salad dan dressings, sup, mie, hingga makanan khas Meksiko, Burrito. Kelasnya menjanjikan Anda keterampilan untuk menciptakan beragam makanan/minuman raw food dengan mudah, tidak membosankan, dan tidak mengorbankan rasa.

Simone tidak menyarankan orang untuk menjadi terlalu kaku atau terobsesi dalam melihat konsep raw food. Pada kelasnya, Simone sering menggunakan beberapa bahan yang secara teknis sebenarnya tidak mentah. Contohnya, ia menambahkan tamari (jenis saus kedelai) ragi bernutrisi olahan, meski dalam jumlah sedikit. “Penambahan bahan tersebut bertujuan untuk membuat makanan lebih lezat tetapi tetap tidak mengurangi khasiat utama dari menu raw food,“ungkapnya. “Intinya secara umum, pola makan Anda tetap mengikuti konsep raw food. Jadi bisa saja suatu malam saya makan kari vegan, dan saya tidak merasa bersalah.”

BACA JUGA : Sehat dengan RAW Food 

Selain sehat, pola diet Raw food menurut Simone juga jalan yang sangat tepat untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun, ia tidak menyarankan orang untuk langsung mengubah pola makannya secara ekstrem.

raw-burritos-jakarta
Raw Burritos
green-smoothies-healthy-simone-samuels
Green Smoothies

“Akan lebih baik kalau Anda menambahkan makanan mentah ke makanan reguler (yang dimasak). Atau mencoba membuat satu makanan mentah per hari,” ujarnya. Ia percaya inilah cara yang tepat jika ada orang yang ingin memulai diet raw food.

Selain itu, makanan yang difermentasi juga bisa dikonsumsi secara reguler oleh raw foodist, seperti acar dan kimchi. Kimchi sendiri telah digadang-gadang sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia, yang sangat baik untuk menjaga kerja pencernaan tubuh.

Raw food hanya salah satu pilihan diantara beragam jenis diet yang ada. Karena masing-masing orang unik dengan kondisi tubuhnya masing-masing, maka tidak ada satu pola terbaik yang harus diikuti semua orang. Kita harus selalu mencari tahu lebih banyak dan mendengarkan tubuh untuk bisa menentukan pola mana yang terbaik untuk kita.

Foto-foto: Simone Samuels