Begini Cara Makan Flaxseed Yang Benar

0
6865
Menggerus Flaxseed

Apa itu Flaxseed?

Flax (Linum usitatissimum) adalah tanaman pangan dan serat yang berasal dari Eropa Selatan dan Asia. Tanaman ini diolah menjadi bahan tekstil yang kita kenal dengan linen, yang umum digunakan sebagai seprai atau taplak meja. Flaxseed adalah biji dari tanaman Flax, yang disebut dengan biji rami, warnanya kuning keemasan hingga coklat kemerahan. 

Manfaat Flaxseed

Flaxseed dikonsumsi orang karena berbagai alasan kesehatan, namun utamanya adalah  untuk memperbaiki pencernaan karena ia dikenal sebagai sumber serat dan asam lemak omega-3 yang baik. Serat dalam biji rami ditemukan terutama pada kulitnya.

Banyak orang yang sedang menurunkan berat tubuhnya memakan flaxseed sebelum makan, karena seratnya efektif menekan rasa lapar, sehingga mereka akan makan lebih sedikit. Para peneliti juga percaya seratnya mengikat kolesterol di usus dan mencegah untuk diserap usus. 

Biji rami juga punya manfaat khusus untuk kesehatan wanita karena dapat membantu menekan berbagai sindrom menopause, antara lain:

  1. Keringatan di malam hari
  2. Mood yang tidak stabil
  3. Mens yang tidak teratur

Selain itu, flaxseed dikatakan dapat membantu meredakan gejala-gejala PMS yang cukup menyiksa, seperti sakit perut, kepala pusing, atau mood yang berubah-ubah.

Secara umum, biji rami baik untuk dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari karena dapat membantu menurunkan total kolesterol darah dan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL, atau “jahat”), yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

Cara Makan Flaxseed Yang Benar

Nah, agar kita bisa mendapatkan semua manfaat yang ditawarkan di atas, kita harus tahu bagaimana cara makan flaxseed yang benar.

Flaxseed dan tepung flaxseed
Perbedaan Flaxseed utuh dan bubuk/tepung flaxseed

Kalau kita lihat di supermarket atau online marketplace, banyak flaxseed dijual dalam bentuk utuh dan orang memakannya begitu saja. Cara konsumsi itu tidaklah tepat. Kebanyakan ahli nutrisi menganjurkan agar flaxseed digiling atau ditumbuk dulu agar lebih mudah dicerna tubuh. Anda memang bisa memakannya begitu saja, dan biji rami akan melewati usus tanpa tercerna karena tubuh kita tidak bisa menghancurkan cangkangnya yang sangat keras.

Jadi jika Anda tidak bisa mengunyahnya sampai hancur sempurna, maka flaxseed hanya numpang lewat saja di usus dan Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya. Maka itu, sebelum mengonsumsinya hancurkan dulu dengan alat seperti food processor atau blender. Jika Anda tidak mau repot, pilihlah flaxseed yang sudah dikemas dalam bentuk bubuk atau flaxseed meal. 

Bagaimana cara menambahkan Flaxseed ke dalam makanan kita?

Flaxseed kue
Flaxseed enak dijadikan roti atau kue
  • Tambahkan satu sendok makan biji rami bubuk ke dalam oatmeal atau sereal panas atau dingin.
  • Tambahkan satu sendok teh biji rami bubuk ke dalam mayones saat membuat sandwich.
  • Campurkan satu sendok makan biji rami bubuk ke dalam smoothie atau yogurt
  • Panggang biji rami bubuk dalam adonan roti atau kue.

Ingat, seperti sumber serat lainnya, Flaxseed harus dikonsumsi dengan banyak air atau cairan.

Bagaimana dengan Flaxseed Oil? 

Sama seperti Flaxseed, minyak Flaxseed juga sarat akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Dalam satu sendok makan (15 ml) minyak biji rami terkandung 7.196 mg asam lemak omega-3.

minyak biji rami
Flaxseed oil untuk mencukupi asupan asam lemak omega-3

Secara khusus, minyak biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA), suatu bentuk asam lemak omega-3 yang hanya diubah dalam jumlah kecil menjadi bentuk aktif omega-3, seperti EPA dan DHA.

Jadi kalau Anda tidak mendapatkan cukup DHA dan EPA dari makanan, umumnya pedoman gizi merekomendasikan Anda mencukupi dengan minimal 1.600 mg asam lemak omega-3 ALA setiap hari untuk pria dan 1.100 mg untuk wanita. Dengan begitu, satu sendok makan minyak biji rami dapat memenuhi dan melebihi kebutuhan ALA harian Anda.

Minyak biji rami juga bisa membantu jika Anda kurang makan ikan (kita dianjurkan untuk mengonsumsi satu sampai dua porsi ikan berlemak dalam seminggu) atau tidak mengonsumsi minyak ikan. Minyak biji rami dapat menjadi solusi untuk membantu melengkapi diet Anda dengan asam lemak omega-3 yang Anda butuhkan.

Harga Flaxseed

Harga jual Flaxseed utuh berkisar 40 ribu hingga 50 ribu rupiah untuk 1 Kg. Untuk yang berbentuk bubuk atau flaxseed meal, satu 1 kg dijual dengan harga kisaran 100 ribu hingga 200 ribu rupiah. Baik flaxseed utuh ataupun bubuk harganya bervariasi tergantung jenisnya yaitu Brown Flaxseed atau Golden Flaxseed dan organik atau tidak.

BACA JUGA: Selain Almond, Apa Lagi Kacang-Kacangan Yang Bisa Diolah Jadi Susu?