Beberapa Langkah Menjadikan Hidup Lebih Sehat

0
386

Dr. Riani Susanto, seorang dokter Naturopathic dan Colonic Hydrotherapist, Detoxification dan Organic Living Specialist, serta salah satu penggagas pertama konsep organic living di Indonesia memberikan langkah-langkah sederhana untuk hidup lebih sehat. Menurutnya, kesehatan seharusnya dilihat secara holistik; dimana apa yang kita makan, bagaimana kita hidup, hubungan kita dengan sesama, bagaimana kita berpikir, dan apa yang kita yakini saling terhubung satu sama lain dan memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan.

  1. Minum air putih setiap hari

Awali langkah hidup sehat dengan minum air putih yang cukup. Setidaknya satu otang dewasa membutuhkan dua liter air putih setiap hari. Kebutuhan ini bisa bertambah sesuai dengan aktivitas yang dijalani. Semakin berat aktivitasmu, semakin banyak asupan air yang Anda butuhkan.

  1. Minum jus setiap hari

Jus bisa menjadi alternatif yang tepat kalau kita malas mengkonsumsi buah utuh. Jangan lupa untuk minum jus yang dibuat dari buah yang masih segar. Selain itu, jus bisa menjadi pilihan makan malam yang tidak hanya sehat, tetapi juga enak.

  1. STOP eating animals by-product

Mulai memilah protein dan lemak hewani yang akan kita konsumsi. Pilihlah yang baik, karena tubuh kita tetap memerlukan kedua zat tersebut

  1. Makan makanan mentah

Salad bisa dijadikan pilihan untuk langkah ini. Kita bisa mulai memakan makanan mentah dari beragam sayur dan buah yang familiar dan disukai. So, kalau Anda suka selada, wortel, dan buah-buahan manis karena rasanya yang lezat, mulailah dari sini.

  1. Eliminasi (Intestinal Detoxification Program

Lakukan program pembersihan dan detoksifikasi selama 5 hari. Program ini bisa dilakukan dengan membatasi diri dari mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, seperti makanan cepat saji, gorengan, makanan berlemak jahat, santan, dll. Setidaknya 5 hari dalam satu bulan, konsumsilah makanan mentah (buah dan sayur) ataupun makanan dengan proses masak yang lebih sehat (makanan rebus, bakar/panggang, dan kukus).

6. Start walking, and breathe more

Salah satu syarat untuk hidup lebih sehat adalah berolah raga, tapi sering kali kesibukan dan pekerjaan yang padat menjadi alasan untuk tidak melakukannya. Padahal, berjalan kaki sudah termasuk berolahraga. Kita bisa memilih menggunakan tangga dari pada lift jika kantor kita berada di lantai 3 atau 4, atau luangkan waktu di pagi hari untuk berjalan keliling komplek.

7. Bergerak dan berkeringat lebih banyak (1 jam setiap hari)

Lakukan Yoga. Yoga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bisa menjadi pilihan untuk melatih dan mempertahankan keseimbangan jiwa dan pikiran kita.

8. Belajar mencintai diri sendiri dan hidup kita (positif afirmasi)

Kita bisa mulai dari hal-hal sederhana, seperti memilih kegiatan yang memiliki efek positif untuk diri kita, memilih makanan yang baik untuk tubuh, berpikir positif, dll. Cintai diri dan hidup kita, karena kita sendirilah yang paling memahaminya.

9. Menolong seseorang setiap hari

Berbagi kebaikan itu sangat baik untuk diri kita sendiri loh, meskipun kita melakukannya terhadap orang lain. Kita bisa merasa lebih bahagia dan lebih berarti.

10. Ekspresikan dirimu

11. Learn 1000 jokes and LAUGH

12. Follow your spirit, and PRAY

13. Pilihlah pakaian yang terbuat dari katun

14. Pilih shampo, sabun, detergen, dan pasta gigi dengan kandungan bahan kimia yang lebih sedikit.

Semakin banyak busa bukan berarti semakin bersih dan baik untuk tubuh, melainkan menandakan semakin banyak bahan tambahan dan detergen pada produk yang kita gunakan.Kurangi menonton televisi

15. Bukan berarti menonton televisi tidak baik ataupun tidak perlu dilakukan, tetapi mulailah untuk mengurangi menyaksikan tayangan yang membuatmu merasa stress, cemas, khawatir, atau marah. Kita bisa memilih tayangan yang lebih menghibur untuk refreshing.

16. Berikan 1/3 dari yang Anda miliki

Kembali, berbagi akan memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan. So, Anda tidak harus memberikan dalam bentuk materi, jika Anda memiliki begitu banyak pengetahuan dan pengalaman, Anda bisa juga membagikannya. Jadikan beramal (charity) atau kegiatan sosial sebagai agenda rutin.

There is no better time than Now to living healthy –Dr. Riani Susanto–