Mau Wajah Bebas Jerawat di Hari Lebaran? Ikuti Aturan ini Saat Berpuasa

0
191
wajah sehat tanpa jerawat

Ingin wajah bebas jerawat, ikuti tips ini saat berpuasa!

Mau wajah bebas jerawat saat berpuasa jelang di mendekati hari raya lebaran.

Terlepas dari kewajiban atau ritual agama, berpuasa selama 14 jam dapat menjadi metode untuk membersihkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Menurut buku Functional Food yang ditulis oleh Drs. Djoko Sutopo MS, saat berpuasa, tubuh diberi kesempatan untuk mengurai dan membuang racun tersebut.

Berpuasa juga dapat membersihkan wajah dari jerawat karena proses detoksifikasi tersebut, apalagi berpuasa selama sebulan lamanya. Karena hormon penyebab terbentuknya jerawat terus menurun saat berpuasa. Hal ini dijelaskan oleh dr. Novita Mawar, spFK dari klinik kecantikan Esthedica.

Menurutnya, jerawat bisa disebabkan meningkatnya aktivitas hormon IGF-1 (Insulin Like Growth Factor-1) yang merangsang glandula adrenal untuk membentuk hormon adrenocorticotropic (ACTH). Hormon ini menghasilkan dehydroepiandrosterone sulfate yang bersifat komedogenic sehingga jerawat mudah terbentuk.

“Biasanya penurunan drastis hormon IGF-1 dan serum sitokin proinflamasi ini terjadi pada hari keempat puasa,” tambahnya.

Sudah Berpuasa, Jerawat Masih Muncul?

Meski begitu, dr. Novita menjelaskan bahwa proses membersihkan jerawat di wajah akan terbantu jika saat berbuka kita mengurangi konsumsi susu, lemak (terutama goreng-gorengan), gula, telur, minuman mengandung kafein seperti teh dan kopi, serta makanan bersantan.

“Jadi, jika selama bulan Ramadhan ini jerawat malah bertambah, bisa jadi makanan Anda saat berbuka mengandung bahan makanan yang menyebabkan jerawat,” jelas dr. Novita.

makan-makanan saat berpuasa

Karenanya ia menyarankan agar selalu konsumsi air putih yang cukup, sayur dan buah yang serta vitamin saat berpuasa. Jika kita sudah mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut, dan rutin mengonsumsi makanan sehat selama berpuasa, dr. Novita menjelaskan tak hanya jerawat yang akan berkurang, tapi kulit juga tetap lembap dan tidak kering. Bonusnya, berat badan dan kadar kolesterol pun akan semakin menurun.

Sayur dan Buah yang Baik untuk Kesehatan Kulit Wajah

  • Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan kadar gula yang rendah, sangat pas untuk menu buka puasa. Anda dapat memakannya langsung, atau dibuat jus tanpa gula.

Selain itu, mentimun juga mengandung antioksidan dan mineral, dan bermanfaat sebagai antiinflamasi, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

Vitamin C yang ada di mentimun juga dapat membersihkan jerawat dan menghaluskan kulit. Mentimun juga kerap digunakan sebagai masker wajah untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata, mengurangi bintik hitam, meremajakan, dan mengencangkan kulit.

  • Alpukat

Alpukat (Persea americana) memiliki ragam manfaat untuk kesehatan kulit. Alpukat dapat melembapkan kulit dan mencegah penuaan. Vitamin E yang terkandung di dalamnya juga dapat mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

Selain itu, alpukat juga mengandung seng, zat besi, vitamin K, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

  • Wortel

Makanan favorit kelinci ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit Anda. Kandungan beta karoten dan vitamin A yang tinggi dapat mencerahkan wajah kulit, dan menyamarkan bekas luka yang ada di wajah.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalam wortel dipercaya dapat menstimulasi produksi kolagen yang ada di dalam kulit sehingga dapat menghilangkan kerutan di kulit.

  • Lemon

Buah lemon terkenal dengan kandungan vitamin C nya. Tak hanya dapat mengatasi jerawat, buah yang memiliki nama latin sitrun atau limun ini dapat mencerahkan dan mengurangi minyak berlebih pada wajah, serta menghilangkan komedo.

Buah lemon juga mengandung vitamin B, protein, karbohidrat, dan potanium yang sangat baik untuk kulit.

Itu tadi saran untuk menjaga wajah agar terbebas dari jerawat selama berpuasa. Nah, Anda tidak perlu khawatir lagi kulit akan kusam di hari Lebaran!

Demikian dari menjaga wajah bebas dari bekas jerawat saat berpuasa, semoga artikel ini bermanfaat.

BACA JUGA: Benarkah Madu Efektif Sebagai Masker Wajah?