Ayo, Dukung Kebiasaan “Say No To Plastic Straw!”

0
314
Ayo, Dukung Kebiasaan Baru
Ayo, Dukung Kebiasaan Baru "Say No To Plastic Straw!"

Penggunaan sedotan berbahan dasar stainless steel tengah menjadi kebiasaan baru yang sangat populer di kalangan para pelaku eco-living.

Pada mulanya, penggunaan sedotan stainless steel ini digunakan sebagai bagian dari kampanye alat makan inovasi dalam rangka cinta lingkungan dan mengurangi pencemaran.

Namun siapa menyangka bila kini penggunaan sedotan sejenis ini berubah menjadi tren yang mulai digandrungi banyak orang.

  • Amankah sedotan stainless steel ?

Jawabannya tentu saja. Selain itu, ada banyak kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan sedotan berjenis tersebut.

  • Apa saja?

Yuk, mari simak di bawah ini.

  1. Pengertian BPA and Free BPA

Tidak sama halnya dengan penggunaan sedotan plastik yang cenderung berbahaya karena menggandung BPA (bisphenol A) ketika digunakan dalam minuman.

BPA adalah senyawa kimia industri yang digunakan dalam memproduksi berbahan jenis plastik, termasuk salah satunya sedotan. Para peneliti sepakat bahwa kandungan BPA dalam plastik akan dapat berbahaya dan mengkontaminasi makanan yang dikonsumsi.

Aman Digunakan Secara Berulang

Kelebihan lain ketika menggunakan sedotan dari bahan dasar stainless adalah penggunaannya yang dapat dilakukan secara berulang.

Sedotan stainless steel pada dasarnya terbuat dari besi yang tidak bersifat korosif, sehingga tidak akan berkarat meski Anda menggunakannya secara berulang.

Namun demikian, tetap saja keamanan yang dimiliki oleh sedotan dengan jenis stainless ini pun perlu diimbangi dengan frekuensi pembersihan yang benar  dan teratur.

Tips Membudayakan Penggunaan Stainless Straw

Pada awalnya Anda mungkin merasa janggal ketika harus membawa sendiri sedotan dari rumah untuk setiap kebutuhan.

Jadikan pemilihan stainless straw sebagai salah satu perlengkapan favorit Anda sama halnya dengan pakaian yang Anda kenakan.

Maka dari itu, pilihlah model dan warna yang mencerminkan diri Anda. Bawa kemanapun Anda pergi, karena biasanya Anda hampir akan selalu membeli minuman di saat tertentu.

Tapi, ingatlah jangan sampai kita terperangkap pada strategi marketing untuk membeli ini itu karena ingin lebih mendukung lingkungan. Anda tidak perlu membeli sedotan stainless steel karena cara yang paling benar adalah tidak menggunakan sedotan sama sekali!

Dan tahukah Anda?

Sejumlah kalangan bisnis mulai mengurangi pemakaian sedotan plastik. Di dunia, kedai kopi Starbucks punya target menghilangkan sedotan plastik di seluruh tokonya pada 2020.

Di Indonesia, KFC sudah tidak menyediakan sedotan mulai 2017, disusul Mc Donalds pada 2018. Kalangan bisnis pariwisata pun mulai mengikuti tren ini.

Alcheringa Holiday, yang memiliki properti di Yogyakarta, Karimun Jawa, dan Manado, mulai menggunakan sedotan stainless.

Pemilik Alcheringa Holiday, Nino Susanto, membeli 50 buah sedotan stainless dari Zero Waste Warriors untuk digunakan di seluruh propertinya. Wow. Bagaimana dengan Anda?

BACA JUGA: Minimalis, Solusi Hidup Lebih Sehat dan Tenang