Aturan Minum Kopi Untuk Mereka Yang Introvert

0
193
Aturan Minum Kopi Untuk Mereka Yang Introvert
Aturan Minum Kopi Untuk Mereka Yang Introvert

Penggemar Kopi

Semakin menjamurnya kedai-kedai kopi lokal tentu membuat para penggemar kopi semakin senang.

Tapi jika Anda adalah penggemar kopi, sekaligus seorang introvert, kondisi ini mungkin tidak sepenuhnya menyenangkan. Pasalnya, ada penelitian yang mengungkapkan hubungan yang tidak terlalu harmonis antara kopi dan sifat tersebut.

Dr. Brian Little, psikolog dan penulis buku Me, Myself and Us: The Science of Personality dan Art of Well-Being mengemukakan hal yang menarik tentang hal ini. Dikatakan bahwa jika beberapa cangkir kopi sering terbukti membantu banyak orang untuk bekerja lebih efisien, dampak yang sama tidak terjadi pada mereka yang sifatnya introvert.

Dr. Little mengaitkan penelitiannya dengan teori extraversion yang dikemukakan oleh Hans Eysenck dan penelitian lebih lanjut oleh William Revelle dari Northwestern University.

Introvert Vs Ekstrovert

Dia menjelaskan bahwa introvert dan ekstrovert tidak hanya berbeda dalam perilaku, tetapi juga dalam level gairah neokorteks di otak.

Pada mereka yang introvert, level ini sudah berada pada level optimal, sehingga mereka sudah lebih dulu waspada dan responsif terhadap lingkungan. Sementara ekstrovert masih bisa menggunakan bantuan kafein dalam sistem mereka.

“Efek ini semakin parah jika pekerjaan yang dilakukan bersifat kuantitatif dan dilakukan di bawah tekanan waktu,” tulis Little.

Aturan Minum Kopi Untuk Mereka Yang Introvert

Jadi untuk introvert, meminum secangkir atau dua cangkir kopi sebelum pertemuan dengan tekanan tinggi bukan langkah yang baik, karena kafein tidak hanya menstimulasi mereka.

Tetapi, juga bisa membuat gelisah, dan justru tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Singkat kata, pada introvert, asupan Kafein malah membuat mereka jadi kurang efisien. Di sisi lain, untuk ekstrovert, yang terjadi adalah kebalikannya: setelah dua cangkir kopi, mereka akan mengalami peningkatan kualitas kerja. We know. It’s not fair.

Jika Didiagnosa Sebagai Introvert

Jadi jika Anda didiagnosa sebagai introvert, ada baiknya Anda memikirkan ulang tentang kebiasaan mengonsumsi kopi, setidaknya soal waktu meminumnya.

Sebaiknya hindari minum kopi jika Anda sedang mengejar deadline atau akan menjalani meeting yang berat.

Bagi Para Ekstrovert

Bagi para ekstrovert, selamat menikmati kopi hitam, latte, atau kopi apapun itu untuk membantu Anda bekerja.

Nah, jika ingin membuat kopi sendiri, pastikan Anda menyeduhnya dengan tepat untuk mendapat cita rasa dan manfaatnya yang maksimal. Begini Caranya!