Atasi Rambut Rontok dengan Asam Jawa, Sudah Pernah Coba?

0
267
manfaat asam jawa

Rasanya memang asam, tapi manfaatnya begitu “manis”, terutama jika Anda punya masalah dengan rambut. Asam jawa ternyata bisa mengurangi kerontokan rambut dan membuat rambut tumbuh lebih subur.

Hal ini dikatakan oleh Dr. Rianti Maharani, MSi, dokter herbal medik yang juga menjadi konsultan program pemberdayaan masyarakat Aliksa SRI Organik Indonesia. Asam jawa yang memiliki nama latin Tamarindus Indica ini memiliki kandungan tonik yang bisa menyuburkan rambut. Caranya?

“Anda cukup memilih buah yang tua, ditambah sedikit air, diremas, lalu diusapkan ke kulit kepala sambil dipijat. Diamkan beberapa saat sampai kering lalu bilas dengan sampo,” jelas Dr. Rianti. Selain memberikan manfaat kesehatan rambut, sejatinya asam jawa memiliki manfaat yang berkhasiat lainnya.

BACA JUGA: Kesalahan Saat Keramas Yang Bisa Bikin Rambut Tipis

Menurut penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh USDA National Nutrient Database, asam jawa memiliki kandungan energi dan nutrisi penting seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, Vitamin C, zat besi, natrium, seng, Vitamin B, tiamin, folat,  Vitamin A dan Vitamin K. Belum lagi sejumlah organik yang menjadikan asam jawa sebagai sumber antioksidan kuat dan agen anti inflamasi.

Melancarkan Pencernaan

Selain penangkal rambut rontok, asam jawa juga dianggap sebagai pencahar alami karena kandungan seratnya. Pun,  asam jawa juga dapat merangsang aktivitas asam empedu sehingga membantu penyerapan lemak dan vitamin di usus kecil.

Melindungi Kesehatan Jantung

Asam jawa ternyata juga memiliki potensi mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Kandungan serat dalam buah asam tentu memainkan peran untuk pengurangan kolesterol dan kelebihan kolesterol LDL dari pembuluh darah dan arteri.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Asam jawa adalah sumber zat besi yang sangat baik. Terdapat kandungan zat besi sebesar 0,6 miligram per 100 gramnya. Ini mencukupi kurang lebih 10 % kebutuhan harian zat besi Anda. Suplai zat besi yang cukup dalam tubuh dapat menjamin jumlah sel darah merah yang tepat, dan memastikan oksigenasi yang tepat pada berbagai otot sehingga organ-organ bisa berfungsi dengan baik.

Perlu diketahui, kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, ditandai dengan kelemahan, kelelahan, sakit kepala, gangguan kognitif, dan masalah perut.

BACA JUGA: Masuk Angin? Minum Kencur Aja!