Apakah Semua Cokelat Baik untuk Kesehatan?

0
102
manfaat cokelat
manfaat cokelat

Siapa yang tidak suka makan coklat? Tidak hanya enak di lidah camilan yang satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Penelitian dari Federation of American Societies for Experimental Biology mengungkapkan ada banyak manfaat cokelat untuk kesehatan.

Mulai dari menunda penuaan, dan menstabilkan kondisi seperti stres, tekanan darah, dan juga meminimalisir penumpukan plak pada dinding arteri. Makan coklat juga bisa mengurangi risiko stroke, peradangan dalam darah, serta mengurangi kerusakan sel yang dapat memicu pertumbuhan tumor.

Salah satu penelitian yang cukup unik diungkapkan oleh Early Human Development bagaimana coklat memberikan efek yang signifikan terhadap kehamilan. Tidak hanya memberikan mood positif pada ibu hamil, cokelat juga membuat bayi lebih mudah tersenyum dan tertawa.

Tidak Sembarang Coklat

Meski begitu, semua manfaat itu akan kita dapatkan kalau kita mengonsumsi coklat yang sebenarnya. Bukan perasa coklat, atau compound chocolate yang banyak dipakai dalam produk coklat batangan yang banyak ditemui di supermarket.

Coklat jenis ini umumnya memakai Coklat compound, lemak nabati serta gula. Coklat ini tidak memakai cocoa butter, tapi lemak nabati yang lebih ekonomis. Biasanya minyak yang dipakai adalah minyak sawit. Kualitasnya lebih rendah, namun rasanya yang memadai membuat coklat compound banyak digunakan untuk alternatif coklat dengan harga yang lebih murah.

Sementara coklat sebenarnya, yang disebut coklat couverture mengandung cocoa mass dan cocoa butter. “Coklat compund tidak mudah cair, berbeda dengan yang terbuat dari coklat yang asli. Cara membedakannya kalau dimakan, coklat compound akan menggumpal, menempel di langit-langit. Coklat asli akan lumer di mulut,” ungkap Tri Widiantoro, Koordinator Museum Coklat Monggo, Jogjakarta.

Nah, maka jika Anda ingin membeli coklat yang sehat, pastikan Anda membaca kandungannya dengan cermat, atau Anda hanya akan membuang-buang uang dan menabung gula di tubuh Anda. Selain kandungannya, perhatikan juga kadar kakaonya. Semakin tinggi kandungan kakao maka semakin banyak juga manfaat yang diperoleh.

BACA JUGA: Jatuh Cinta Bikin Sehat, Tapi Juga Bisa Bikin Anda Kehilangan Nyawa, Hiks!

Ketika cokelat hitam hanya mengandung 50% kakao, kemungkinan sisanya hanya gula. Sebagai gambaran, 100 gram cokelat hitam dengan 70–85% kakao mengandung:

  • 11 gram serat
  • 67% dari kebutuhan harian zat besi
  • 58% dari kebutuhan harian magnesium
  • 89% dari kebutuhan harian untuk tembaga
  • 98% dari kebutuhan harian mangan
  • Belum lagi kalium, fosfor, seng, dan selenium

Sebenarnya zat-zat penting yang disebutkan di atas juga bisa diperoleh dari makanan bernutrisi lainnya. Makanya, walaupun memiliki banyak manfaat, disarankan untuk mengonsumsi cokelat hitam dalam porsi yang sedang saja.

Setelah beres dengan kandungan kakao, pilihlah coklat hitam yang dibuat tanpa susu. Soalnya, protein dalam susu mengikat antioksidan sehingga antioksidan dalam cokelat menjadi kehilangan manfaatnya ketika dikonsumsi.

Kedua, cari coklat yang kandungan kakaonya  tinggi, minimal 70% atau lebih. Coklat dengan kakao tinggi mengandung antioksidan dan gula yang lebih rendah. Beberapa coklat yang diduga gelap hanya 50% kakao, yang berarti 50% sisanya sebagian besar gula.

Selamat berburu coklat!

BACA JUGA: Minyak Bekas Bisa Bermanfaat, Jangan Dibuang Sembarangan