Apakah Air Ketumbar Baik Untuk Kesehatan?

0
78
manfaat air ketumbar

Ketumbar adalah salah satu rempah yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Baik daunnya maupun bijinya memiliki aroma dan rasa yang khas yang dapat menambah kaya cita rasa sebuah hidangan.

Namun selain sebagai bumbu dapur, ketumbar juga memiliki vitamin serta mineral yang baik bagi tubuh antara lain vitamin A, K, dan C, asam folat, magnesium, kalsium, kalium, serta zat besi. Kandungan inilah yang dapat dipercaya memberi banyak manfaat dan kesehatan bagi tubuh.

Belakangan ini banyak orang yang giat meminum air rendaman biji ketumbar karena percaya akan khasiatnya. Caranya mudah saja, biji ketumbar dituang ke dalam air lalu direbus. Setelah disaring dan dibiarkan mendingin, airnya diminum dalam keadaan perut kosong.

Meminum rendaman air ketumbar secara rutin dan berkala dipercaya memberi manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat air ketumbar untuk kesehatan tubuh:

  1. Meningkatkan kesehatan saraf

Linalool merupakan senyawa utama dalam biji ketumbar. Studi membuktikan linalool dapat mengurangi kecemasan yang terjadi pada seseorang. Linalool memiliki pengaruh positif pada sistem saraf pusat. Senyawa ini juga memiliki sifat antikonvulsan, yang dapat menurunkan resiko kejang, penyakit epilepsi dan penyakit neurologis seperti alzheimer.

2. Menyembuhkan Pencernaan

Kandungan borneol dan linalool dalam ketumbar baik untuk pencernaan. Ketumbar juga dapat bermanfaat dalam pencegahan diare yang dipicu oleh bakteri karena larutan seperti limonene, cineol, beta-phelandrene, dan alpha-pinene yang ada dalam biji ketumbar  mempunyai sifat antibakteri.

4. Mencegah Sakit Perut

Perut tidak enak saat menstruasi? Mungkin Anda bisa mencoba memanfaatkan ketumbar. Mengonsumsi air biji ketumbar dapat membantu meringankan kram perut dan rasa sakit yang dialami selama menstruasi

5. Mencegah dan Obati Osteoporosis

Kemunculan antioksidan seperti vitamin A, riboflavin, niasin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium dan karoten, seluruhnya sangat bermanfaat dalam mencegah osteoporosis dan kesehatan sendi. 3 gram biji ketumbar diseduh dalam 150 ml air yang diminum setiap hari dapat memberikan manfaat yang luar biasa.

6. Memelihara kesehatan rambut

Ketumbar banyak akan vitamin B, C, dan K, dan sejumlah mineral lain. Kandungan-kandungan ini sangat baik agar memelihara kesehatan rambut dengan meningkatkan pertumbuhannya. Selain itu, ketumbar juga dapat menunda rambut menjadi cepat beruban.

7. Menurunkan Kolesterol Buruk

Biji ketumbar membantu penurunan kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kadar kolesterol baik sehingga mencegah berbagai macam penyakit jantung. Jumlah nutrisi yang banyak terdapat di dalam ketumbar yang meliputi asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C) dan asam stearat sungguh efisien dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Lalu apa benar air ketumbar memiliki banyak khasiat kesehatan?

Menurut Dokter Paulus Sianturi dari RSUD Tanah Abang, klaim itu perlu diteliti lebih lanjut. Namun jika Anda ingin mencobanya, pesan dokter Paulus berikut ini patut dicatat.

“Perlu diingat juga air ketumbar dapat memicu reaksi pada beberapa orang seperti reaksi alergi, penurunan kadar gula darah secara drastis, mengakibatkan kulit sensitif dengan cahaya. Akan tetapi semua kembali lagi kepada penelitian lebih lanjut dikarenakan masih hanya sedikit sekali penelitian tentang air ketumbar,” ujarnya.

Nah, jika ingin mencoba, sebaiknya coba secara bertahap dan tetap dengarkan tubuh Anda karena apa yang cocok untuk orang lain, belum tentu cocok dengan tubuh Anda.