Bedanya Baking Soda dan Baking Powder

0
5494
Apa Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder?
Apa Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder?

Sering bingung atau tertukar antara Baking soda dan Baking powder? Tenang, Anda tidak sendiri. Tampilan, fungsi, dan nama dua bahan ini memang mirip sehingga mereka agak sulit dibedakan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang menjadi perbedaan yang mendasar antara Baking Soda dan Baking Powder. Salah satunya, manfaat Baking Soda lebih banyak ketimbang Baking Powder yang fungsinya adalah pengembang kue.

Kandungan Baking Soda dan Baking Powder

Kandungan dari keduanya berbeda. Baking soda dikenal juga dengan Soda Kue, merupakan bahan pengembang yang hanya mengandung 100 persen natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat.

Sedangkan Baking Oowder merupakan campuran antara natrium bikarbonat dengan cream of tar. Campuran dari dari cream of tar ini yang membuat baking powder memiliki sedikit sifat asam di dalamnya.

Fungsi dari Baking Soda dan Baking Powder

Memang keduanya sama-sama berfungsi sebagai pengembang kue, hanya saja soda kue cocok untuk kue yang dipanggang atau dikukus, sedangkan Baking Powder sebaiknya digunakan untuk kue yang tidak memiliki bahan asam.

Penggunaan pada kue juga berbeda, Baking Soda sebaiknya dicampur dengan adonan yang mengandung bahan yang asam, karena Baking Soda bersifat alkali dan aktif saat tercampur dengan bahan yang asam seperti buttermilk, sour cream, cuka.

Sementara Baking Powder digunakan pada kue yang tidak mengandung bahan asam karena baking powder mengandung cream of tar.

Baking powder ada dua jenis yaitu double acting dan single acting. Single acting memiliki fungsi yang sama dengan double acting, yaitu menghasilkan karbondioksida dan prosesnya tidak berlangsung lama karena cepat mati dalam suhu ruangan.

Perbedaan Single dan Double Acting

Pada dasarnya single acting memiliki fungsi yang sama dengan double acting, yaitu untuk menghasilkan karbondioksida tetapi proses dari single acting tidak berlangsung lama karena cepat mati dalam suhu ruangan.

Berbeda dengan double acting, proses pengembangan terjadi dua kali, jadi adonan bisa dibiarkan sebentar.

Perbedaan pengaruh rasa pada kue juga terjadi, kue yang menggunakan baking soda sebagai bahan pengembang, biasanya memiliki rasa getir. Itulah alasan mengapa sebaiknya Baking Soda tidak digunakan dalam jumlah yang berlebihan.

Baking Soda dan Baking Powder
Bedanya Baking Soda dan Baking Powder

Baking Soda Untuk Bersih-Bersih

Berbeda dengan Baking soda, kue yang menggunakan Baking Powder tidak akan meninggalkan rasa getir walaupun pengunaannya cukup banyak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas baking powder sendiri sudah mengandung bahan asam di dalamnya.

Selain untuk kue, Baking Soda juga bahan pembersih favorit para penganut gaya hidup alami, karena ia mempunyai banyak manfaat yang kemampuannya bisa diadu dengan pembersih kimiawi.

Baking soda dapat dipakai untuk keperluan rumah tangga, seperti pembersih kamar mandi, buah dan sayur, peralatan makanan berbahan perak, penyerap bau, dan masih banyak lagi. Selain aman karena dari bahan alami, Baking Soda juga terbilang murah dan mudah ditemui.

Bagaimana, apa sudah bisa membedakan Baking Soda dan Baking Powder? Jangan kebalik lagi ya!