Apa itu Buddha Bowl atau Macro Bowl?

0
3280
apa itu buddha bowl

Awal tahun 2017 Pinterest mengeluarkan The Pinterest 100, daftar yang memuat berbagai tren, termasuk tren makanan. Sesuai dengan meningkatnya kesadaran orang untuk hidup sehat, Buddha Bowl menempati posisi teratas pada tangga tren makanan dan tampaknya tidak akan pergi. Kini Buddha Bowl semakin mudah ditemui dengan kreasi yang semakin memanjakan mata dan menggugah selera.

Istilah Buddha Bowl

Buddha Bowl sering juga disebut Glory Bowl atau Hippie Bowl atau Macro bowl. Yang terakhir karena merujuk pada nutrisi makro yang dikandungnya.

Apa sih Buddha Bowl?

Pada dasarnya Buddha Bowl adalah campuran sayuran mentah atau yang dimasak, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Untuk para vegan, sajian ini bukan sesuatu yang asing lagi.

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Buddha Bowl

Biji-bijian yang sering digunakan seperti quinoa, freekeh, beras merah atau beras coklat. Sementara kacang-kacangan seperti pine nuts, garbanzo, tempe.

Untuk versi non-vegan bisa ditambahkan ikan atau ayam. Lalu sajian ini disiram dengan saus seperti Tahini.

Buddha Bowl Recipe With Chickpeas
Foto: www.yummymummykitchen.com

Konon karena ia disajikan penuh sehingga mirip dengan perut buddha (Buddha belly), maka itu disebut Buddha Bowl.

Jadi sebenarnya makanan ini adalah salad dengan isi yang agak beda dengan isi salad pada umumnya.

Pasti banyak dari kita yang sudah sering kali makan Buddha Bowl ini, cuma saja kita tidak pernah tahu kalau ada namanya. Iya, kan?

Yummy Mummy Kitchen membuat kompilasi 30 resep Buddha Bowls yang tidak hanya indah dipandang  namun juga padat akan nutrisi yang menyehatkan tubuh Anda. Semoga menginspirasi!

Baca juga: Yuk, Bikin Keripik Sehat Buatan Sendiri Di Rumah