Gua Sha, “Kerokan” Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

0
204
Woman receiving gua sha acupuncture treatment on back

Gua Sha merupakan pengobatan tradisional ribuan tahun lalu yang berakar dari Asia, tepatnya Tiongkok.

Teknik ini memanfaatkan sebentuk alat khusus untuk menggosok-gosok permukaan kulit. Meski acap kali menimbulkan kemerahan pada kulit atau bahkan pendarahan akibat pecahnya pembuluh kapiler, pada akhirnya teknik ini dimaksudkan untuk memperlancar sistem sirkulasi dan peredaran darah dalam tubuh hingga mengurangi rasa sakit yang tengah dialami.

Anda sebagai orang Indonesia mungkin sudah cukup familiar dengan teknik seperti ini. Hanya saja, kita menyebutnya dengan istilah kerokan atau kerikan yang dipercaya dapat menyembuhkan orang yang sedang meriang atau masuk angin.

Walaupun Gua Sha sendiri konon paling sering digunakan untuk menghilangkan pegal-pegal pada otot dan persendian, terapi tersebut ternyata banyak dikaitkan dengan berbagai khasiat kesehatan lainnya.

Beberapa kegunaan Gua Sha antara lain melancarkan ASI serta proses menyusui dengan cara mengatasi ketidaknyamanan pada payudara serta meredakan ketegangan pada bagian leher secara lebih efektif (Sumber: 1).

Selain itu, sebuah studi menyatakan bahwa Gua Sha boleh jadi merupakan treatment ampuh untuk membantu meringankan sindrom perimenopause yang biasanya dialami oleh wanita menjelang menopause. Gejala tersebut umumnya meliputi kegelisahan, insomnia alias susah tidur, kelelahan, periode menstruasi yang tidak teratur, dan juga hot flashes yaitu rasa panas yang terjadi di area wajah, leher, serta dada. (Sumber: 2)

Gua Sha Untuk Lebih Awet Muda 

Selanjutnya, kini Gua sha tak hanya dipergunakan pada area tubuh saja melainkan sebagai alat bantu facial yang tengah ramai diperbincangkan oleh para pemerhati kecantikan. Memijat wajah dengan piranti Gua sha yang memiliki bentuk unik rupa-rupanya diklaim dapat melancarkan sirkulasi darah, membuat kulit lebih halus dan bercahaya sekaligus memicu stimulasi sehingga menjadikan paras Anda lebih awet muda.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Organic Supply Co. (@organicsupplyco) on

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Aveda_Lily (@aveda_lily) on

Gua Sha bisa didapatkan di berbagai toko online. Salah satu toko yang menyediakannya adalah organic supply. Harganya beragam ada yang dari 100 ribuan hingga 600 ribuan.

Beberapa diantaranya bahkan terbuat dari komponen jade (bebatuan dari mineral yang saat ini dinilai lebih mahal daripada emas sekalipun) ataupun rose quartz yang dipercaya dapat membawa manfaat antipenuaan.

Kendati relatif aman dan berpotensi membawa banyak keuntungan, pemakaian Gua Sha tidak boleh sembarangan. Misalnya saja, cara ini sangat tidak disarankan bagi seseorang yang memiliki masalah dengan kekentalan darah, terlebih apabila orang tersebut mengonsumsi obat pengencer darah.

Gua sha juga sebaiknya dihindari apabila Anda sempat melakukan operasi dalam jangka waktu enam bulan terakhir. Last but not least, pastikan saja piranti Gua Sha yang Anda pergunakan cukup higienis terlebih apabila Anda meminta bantuan terapis dalam hal ini .