5 Makanan Yang Bisa Bikin Kita Bahagia

0
290
Foto: Fotoyu

Kami setuju kalau ada yang mengatakan bahwa bagaimana perasaan kita amat bergantung pada bagaimana pikiran kita. Meski begitu, banyak penelitian menujukkan bahwa apa yang kita makan memiliki dampak besar pada suasana hati kita. Contohnya ini.  Jadi kami pun meyakini kalau makanan tertentu dapat menghasilkan perasaan tertentu.

Untuk itu kami mencatat  5 makanan yang secara ilmiah dikatakan dapat mengangkat mood Anda menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa mengingat makanan-makanan ini ketika sedang lesu, atau ketika merencanakan makan malam istimewa. Mereka adalah:

1.Salmon Liar

Pilih salmon liar. Foto: stethnews.com
Pilih salmon liar. Foto: stethnews.com

Ikan Salmon liar (dan ikan berlemak sejenisnya) sering dikatakan sebagai makanan yang sempurna untuk meningkatkan suasana hati. Tyler G. Graham dan Drew Ramsey, penulis The Happiness Diet, menuliskan bahwa ikan salmon liar mengandung 11 vitamin yang paling penting dan mineral untuk membuat kita bahagia.

Bagian penting yang terkandung pada salmon, yaitu omega 3, secara ilmiah telah terbukti memiliki efek anti-depresi selain banyak manfaat luar biasa lainnya, termasuk meningkatkan kesehatan otak dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Salmon liar juga mengandung vitamin B12, yang sangat penting untuk membangun sel-sel otak baru. Mungkin Anda sudah pernah mendengar kalau rendahnya vitamin B12 sering dihubungkan pada depresi, kegelisahan, dan perilaku agresif. Kandungan baik dalam Salmon liar lainnya adalah magnesium. Magnesium telah digunakan untuk mengobati depresi dan memiliki kemampuan untuk meringankan pikiran kita, saraf, dan otot.

2. Semangka

Segar dan menyenangkan.
Lycopene dalam semangka bikin kita bahagia. 

Rasa manis semangka tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih segar, tetapi juga telah terbukti meningkatkan tingkat keseluruhan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Bahan yang membuat semangka berwarna merah, lycopene, adalah bahan yang dapat membuat kita bahagia. Hal ini juga mencegah penuaan kulit dan membuatnya tampak lebih muda. Terlebih lagi, semangka terhitung relatif rendah kalori sehingga aman untuk pinggang Anda.

Beberapa penelitian juga mencatat semangka dapat mencegah penumpukan interleukin-6, yang berhubungan dengan depresi. Buah ini pun menunjukkan kemampuannya untuk melindungi tubuh dari berbagai kanker dan untuk membantu dengan infertilitas.

3. Jalapenos dan Cabai

Mulut pedas tapi hati senang, Foto: PaprikaLiving
Mulut pedas tapi hati senang, Foto: PaprikaLiving

Mulut boleh terbakar kepedasan, tapi makan Jalapenos bisa membuat Anda lebih bahagia. Untuk ukuran orang Indonesia, rasanya cabai (Capsicum annuum L.) lebih “nendang” daripada Jalapenos. Dan keduanya memang sama-sama terdaftar dalam makanan yang bisa membahagiakan.

Capsaicin adalah senyawa dalam cabai dan jalapeños yang membuatnya sangat pedas. Kandungan ini sebagai penghasil Endorfin — morfin alami yang menghambat sensasi nyeri dan membangkitkan perasaan menyenangkan. Mirip dengan respon tubuh kita sehabis olahraga atau berhubungan seks.

Orang-orang yang secara teratur atau terdorong untuk selalu makan yang pedas-pedas, menurut ahli psikologi Dr. Paul Rozin, kemungkinan kecanduan karena perasaan senang yang ditimbulkannya. Capsaicin juga telah terbukti memiliki manfaat kesehatan praktis lainnya, seperti membantu mencegah kanker dan melindungi otak. Khasiat lainnya termasuk membantu masalah saluran pernapasan, pembekuan darah, menurunkan kolesterol, hingga mengurangi nyeri.

Jadi kalau hari ini Anda sedang sebal dengan teman kantor, atau kesal habis dimarahi bos, coba ingat untuk memilih yang pedas-pedas untuk makan siang atau makan malam hari ini.

4. Bawang putih

Foto: PaprikaLiving
Prozac dari alam. Foto: PaprikaLiving

Mari kita kesampingkan dulu soal baunya. Terlepas dari baunya yang tidak disukai banyak orang, bawang putih adalah salah satu makanan yang dapat membuat Anda tersenyum.

Salah satu sebabnya adalah karena ia mengandung kromium mineral, yang oleh Psychology Today disebut sebagai “Prozac alami” karena kemampuannya untuk mengatur kadar serotonin. Serotonin telah terbukti untuk mengurangi rasa sakit dan menghasilkan keadaan tenang.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan kemampuan kromium untuk mengurangi depresi. Namun jika Anda benar-benar tidak suka bawang putih, ada beberapa pengganti yang juga mengandung kromium seperti bawang merah dan bawang bombay.

5. Wortel

Wortel Lokal Organik. Foto: PaprikaLiving
Wortel Lokal Organik. Foto: PaprikaLiving

Sayur favorit Bugs Bunny ini juga terbukti secara ilmiah dapat membuat perasaan kita lebih senang. Mengonsumsinya pun tidak sulit, dimakan langsung enak, di jus juga sedap.

Wortel diketahui memiliki banyak properti yang mampu meningkatkan suasana hati, termasuk jumlah vitamin C yang tinggi. Satu batang wortel mengandung 500 persen dari jumlah harian beta-karoten yang disarankan, kandungan antioksidannya yang kuat juga dapat melindungi otak dari kerusakan dan membantu menjaga kesehatan kulit dan mata.
Kami sarankan Anda menulis ini dalam daftar belanjaan Anda – menambahkan mereka ke dalam diet sehari-hari akan membantu mood Anda lebih positif!

Foto Utama: Fotoyu