Alergi, 5 Pertanyaan Yang Paling Sering Ditanyakan dan Jawabannya

0
7645

4. Bagaimana dokter dapat mengevaluasi apakah kita menderita alergi makanan atau tidak?

Alergi makanan, seperti penyakit alergi lainnya, dapat didiagnosis dengan memaparkan kulit penderita alergi terhadap makanan penyebab alergi.

Uji cucuk kulit (skin prick test) menggunakan konsentrat alergen makanan yang dicucukkan ke kulit penderita untuk melihat apakah terjadi gejala bengkak dan kemerahan setelah paparan.

Penderita yang positif terhadap uji cucuk kulit kemudian akan disesuaikan dengan pola perjalanan penyakitnya untuk menentukan apakah benar makanan tersebut yang menyebabkan alergi atau bukan.

Kehati-hatian harus diterapkan karena tidak semua alergen yang positif dalam uji cucuk kulit merupakan penyebab alergi dari pasien tersebut.

Penilaian menyeluruh amat diperlukan dari seorang ahli alergi untuk menentukan secara tepat penyebab alergi pada penderita untuk mencegah terjadinya terapi atau pantang makanan yang berlebihan.

Pada beberapa kasus ahli alergi dapat melakukan uji provokasi dengan menggunakan makanan terduga alergi, untuk melihat hubungan antara makanan dan gejala alergi apabila gambaran penyakit pasien meragukan.