Alergi, 5 Pertanyaan Yang Paling Sering Ditanyakan dan Jawabannya

0
7645

3. Bagaimana cata tahu kita menderita alergi makanan?

Alergi makanan pada bayi dan balita dapat timbul melalui gejala yang kabur, dapat mulai dari konstipasi, diare cair sampai diare berdarah.

Anak lain mungkin tidak mempunyai gejala yang jelas, tapi bisa menolak makanan tertentu sampai tidak mau makan sama sekali.

Kelainan kulit berupa bercak kemerahan yang gatal (sering digaruk) juga dapat muncul terutama setelah paparan terhadap makanan yang menyebabkan alergi.

Apabila reaksi alergi yang terjadi berat, kelainan yang muncul bisa bengkak seluruh badan, kesulitan bernapas, syok sampai kematian.

Pada orang dewasa, gambaran alergi makan biasanya lebih jelas, beberapa saat (1-2 jam) setelah makan makanan yang menyebabkan alergi, penderita akan mengalami kulit bengkak-bengkak, kemerahan dan gatal.

Pada beberapa orang, bengkak juga bisa didapati di mata, bibir dan saluran napas, menyebabkan kesulitan bernapas dan sesak.

Sama seperti pada bayi dan anak-anak, reaksi alergi yang berat (anafilaksis) juga dapat terjadi dan dapat menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan tepat.