4 Aturan Minum Boba untuk Kesehatan

0
15
Sumber: rukita.com

Mengikuti tren yang ada tidak selalu bagus untuk kesehatan, salah satunya adalah maraknya minuman boba yang saat ini amat digemari. Hati-hati, meski rasanya enak, mengonsumsi segelas boba membuat Anda mengonsumsi gula melebihi kapasitas harian yang disarankan untuk kesehatan.

Hal ini disampaikan Aviani Harfika SGz, ahli gizi yang saat ini juga menjabat sebagai staf pengara di STIKES holistik di Purwakarta. “Jika ditotalkan, dalam satu porsi minuman boba terkandung 300-400 kalori. Ini bervariasi tergantung ukuran dan jenisnya.

Yang menjadi masalah dari minuman Boba, menurut Aviani adalah kandungan gulanya yaitu sekitar 40-50 gram per porsi.

“Sedangkan anjuran Kemenkes untuk konsumsi gula harian maksimum 50 gram.
Jadi satu porsi boba saja sudah hampir melewati batas konsumsi gula per hari,” jelas Aviani.

BACA JUGA: Cara Makan Yang Benar di Resto “All You Can Eat”

Dalam ukuran standar, satu gelas Boba umumnya memiliki kandungan gula setara dengan 4 sendok gula, dan dalam ukuran large, sampai dengan 7 sendok makan!

Inilah hal yang harus diperhatikan karena konsumsi gula yang berlebihan dapat berdampak pada kesehatan saat ini dan jangka panjang.

“Konsumsi gula dapat menyebabkan ketergantungan, sehingga respons otak akan memberi sinyal untuk mengonsumsi gula terus menerus sehingga menyebabkan kebiasaan makan tak terkontrol,” tambah Aviani lagi.

Tidak berhenti di situ, efek jangka panjang dari konsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan obesitas, diabetes melitus tipe 2, hipertensi, jantung, hingga stroke.

Aviani mengingatkan kalau konsumsi boba berlebihan bisa menempatkan seseorang pada risiko kesehatan. Bagaimana kalau tetap ingin minum Boba? Avani memberikan beberapa tipsnya di bawah ini.

  1. Less sugar please!

Memang, tidak dipungkiri kenikmatan menyeruput boba terletak dari sensasi manis gula arennya yang kental. Tapi, demi kesehatan ada baiknya Anda meminta untuk mengurangi penambahan gula.

  1. Batasi boba

Lagi-lagi yang membuat sensasi boba itu enak adalah tekstur boba yang empuk, legit dan lembut di lidah. Aviani menjelaskan kalau tambahan kalori dalam tapioka sebagai bahan pembuatan minuman boba tidak seberapa, tapi ada saja produsen yang menambahkan gula pada olahan bobanya. Ini membuat asupan gula pada minuman tersebut menjadi lebih tinggi lagi.

  1. Jangan konsumsi yang manis lagi

Kalau memang Anda suka boba, ada baiknya setelah minum boba Anda tidak mengonsumsi minuman manis yang lain hari itu. Misalnya jika Anda minum boba pada siang hari, jangan dilanjutkan lagi dengan minum es teh manis, sirop, dan yang lainnya.

  1. Olahraga

Bosan mendengar nasihat yang sama terus menerus? Sayangnya hukum keseimbangan dalam kesehatan memang tidak bisa ditawar. Kalau tidak ingin stok lemak dan gula menumpuk, Anda harus membakar kalori yang sudah dimakan. Caranya? Ya dengan berolahraga!

Yuk, mulai minum boba dengan kesadaran dan sehat!

BACA JUGA: Mari Makan Lebih “Bersih”