3 Essential Oil Yang Bisa Bikin Perjalanan Mudik Lebih Nyaman

0
217
mudik-nyaman-essential-oil

Persiapan mudik perlu dilakukan dengan maksimal. Terlepas apakah Anda akan menempuh perjalanan darat, laut maupun udara, rasanya sama wajibnya untuk membawa segala perlengkapan untuk nyaman selama di perjalanan sampai ke kota tujuan.

Untuk Anda yang harus menempuh perjalanan jauh dan ekstra lama karena kemacetan, hal yang paling sering dirasakan saat perjalanan adalah rasa ngantuk, pusing, mual bahkan flu dan demam karena tubuh lelah. Untuk membantu agar perjalanan Anda lebih nyaman, Anda bisa membawa beberapa Essential Oil dengan fungsinya masing-masing.

Puji Sopandi, S.Farm., MHKes., Apt, Owner & RnD Aquila Herb menyarankan 3 Essential Oil  di bawah ini yang bisa berguna saat mudik.

  1. Spearmint oil

Menghirupnya meningkatkan konsentrasi dan mood, sangat cocok di difuse sepanjang jalan. Bisa membantu untuk yang mendapat giliran menyetir.

2. Lavender

Sangat penting untuk masuk kotak P3K selama perjalanan. Kita tidak pernah tahu, maka alangkah baiknya jika berjaga-jaga dari segala kemungkinan. Lavender berguna untuk mengurangi luka akibat terbentur, memar, dan membantu mempercepat penutupan luka terbuka

3. Peppermint Oil 

Yang tidak kalah penting adalah persiapan Essential oil untuk menghadapi flu/batuk. Kenapa? Karena baik akan mudik, saat lelah diperjalanan, setelah sampai tempat tujuan dan lelah bepergian ke saudara dan kerabat dengan menyantap hidangan tanpa henti dan perjalanan pulang lagi, umumnya tubuh kita akan menurun kondisinya sehingga mudah sakit seperti flu dan batuk. Peppermint oil sangat berguna untuk mengatasi flu dan batuk. Kombinasi peppermint, lemon dan lavender EO membantu menjaga kondisi tubuh dan mengurangi flu dan batuk.

Menggunakan Essential Oil Murni haruslah dengan teliti, jika belum terbiasa, EO cukup dihirup atau di difuse atau diteteskan ke kain agar dapat dihirup di ruangan. Namun, penggunaan melalui kulit juga dapat digunakan jika dirasa perlu untuk efek lebih cepat.

Caranya, campurkan EO 1-4 tetes dengan minyak pembawa, misal 100ml Extra Virgin Coconut Oil, lakukan dengan dosis sesedikit mungkin untuk mengetahui reaksi sensitifitas kulit tubuh, karena masing2 orang mempunyai reaksi tubuh yang berbeda. Oleskan pada telapak kaki, punggung, tengkuk, dada, atau area lain yang diperlukan. Jika dioleskan pada anak-anak dan ibu hamil, sebaiknya tanyakan dahulu EO yang dapat digunakan dan dosis yang tepat.

Semoga semuanya mudik dengan nyaman dan selamat sampai tujuan!