3 Cara Mudah Bermeditasi di Tempat Kerja

0
56
  1. Minum Air Putih

Hal sesederhana meminum air putih ternyata adalah meditasi. Minumlah air putih dengan kesadaran penuh; perhatikan detil gelas yang Anda pakai, rasakan sensasi yang muncul ketika air masuk ke tenggorokan Anda, perhatikan reaksi tubuh saat Anda meminumnya. Ambillah waktu untuk minum air putih dengan penuh rasa syukur. Minum saja, bukan minum sambil melihat komputer, handphone, membaca, atau berjalan. Duduk dan minum saja.

  1. Perhatikan Napas

Pernapasan adalah proses yang sering tidak kita sadari. Padahal, hidup dimulai dari sana dan begitu pun inti dari meditasi, yaitu menjadikan pernapasan sebagai proses yang disadari. Jangan memaksa pernapasan, biarkan paru-paru bernapas dengan sendirinya dan Anda mengawasi jalan napas tersebut. Saat berkonsentrasi pada pernapasan, Anda sedang mengaktifkan spamfilter pada pikiran. Latihan ini mampu membangkitkan ketenangan.

Di tengah-tengah pekerjaan yang menumpuk, Anda bisa meluangkan waktu satu menit untuk bernapas dengan penuh kesadaran. Saat mengambil dan membuang napas, perhatikan betul napas Anda, fokuslah ke cara Anda bernapas. Setelah satu menit, Anda bisa kembali bekerja.

  1. Pergi ke Toilet

Toilet sering jadi ‘pelarian’ sementara dari rapat yang membosankan atau situasi yang kurang enak. Anda bisa memanfaatkan momen toilet break menjadi kesempatan untuk meditasi. Anda bisa pergi ke toilet selama lima menit, lalu mulai perhatikan tubuh Anda secara seksama. Rasakan sensasi yang datang di seluruh tubuh Anda, fokus kepada bagian-bagian tubuh Anda dari mulai kaki, tungkai, lengan, jari-jemari & yang lainnya. Anda akan keluar dari toilet dengan perasaan yang jauh lebih baik.

Jika dilakukan dengan rutin di sela-sela kesibukan yang melanda, tanpa disadari, meditasi di tempat kerja akan membantu Anda meningkatan produktivitas dan menjadi rekan kerja yang lebih baik.