10 Penginapan Eco-Friendly di Berbagai Penjuru Dunia

0
319

Menginap di hotel bagus? Sudah biasa… Kalau bagus dan “green”, nah patut dicoba! Kabar baiknya, kini banyak penginapan yang mengusung konsep “eco-friendly” atau ramah lingkungan sebagai alternatif tempat menginap bagi para traveller pecinta Bumi. Konsentrasi akan kelestarian alam menjadi dasar beberapa jenis akomodasi ini membangun dan merencanakan mulai dari desain hingga kegiatan operasionalnya supaya tidak memberi dampak buruk pada alam di sekitarnya. Yuk kita intip!

  1. Garonga Safari Camp

Dimana: Phalaborwa, Afrika Selatan

Jenis akomodasi: Tenda eksklusif

Gerakan eco-friendly: Berada di tengah area konservasi Makalali, terdapat 12 tenda eksklusif yang mendukung komunitas lokal lewat gerakan economic empowerment yang diusungnya. Makanan dan kebutuhan akomodasi hariannya berasal dari sumber daya lokal. Selain itu, para tamu diundang untuk mengimbangi emisi karbon dengan membantu penanaman dan pertumbuhan Pohon Spesbok di Eastern Cape.

  1. The Park Hyatt Maldives Hadahaa

Dimana: Maldives

Jenis akomodasi: Hotel

Gerakan eco-friendly: Sebagian dari hotel ini dibangun di atas air di Samudera Hindia, yang berarti meminimalkan gangguan atau pengerusakan pada lingkungan alam. Hotel ini menerima sertifikasi piagam perak dari EarthCheck.

  1. Alila Villas Soori

Dimana: Bali, Indonesia

Jenis akomodasi: Resor

Gerakan eco-friendly: Mengkombinasikan antara sawah dan pantai, hotel ini dirancang sesuai dengan standar lingkungan internasional EarthCheck. Air yang digunakan juga hasil dari gerakan eco friendly yang benar-benar efisien yakni dari penampungan air hujan yang dioptimalkan untuk memenuhi semua kebutuhan air. Lebih dari setengah dari semua bahan, barang, dan jasa yang dibeli dari daerah setempat. Sementara untuk desain konstruksinya, bahan lokal yang bersumber seperti batu pasir dan batu alam yang digunakan dalam membangun resor. Menggabungkan kombinasi batu vulkanik adat dan tanaman berlimpah untuk organik mendinginkan suhu ruangan resor.

  1. Hi Hotel

Dimana: Nice, Prancis

Jenis akomodasi: Hotel

Gerakan eco-friendly: Hotel butik ini telah menerima sertifikasi Green Globe karena menggunakan kertas daur ulang, cat organik, produk pembersih ramah lingkungan, dan makanan organik dalam kegiatan operasional hariannya.

  1. Pulau Macan Eco Resort

Jenis akomodasi: Resor

Dimana: Kepulauan Seribu, Indonesia

Gerakan eco-friendly: Pulau macan bukan hanya soal keindahan yang dekat dari Jakarta. Di pulau inilah istilah “ecotourism” banyak digunakan. Bukan berarti meninggalkan peradaban modern dan hidup tanpa listrik. Di sini, energi berasal dari panel tata surya dan PLTA (Pembangkit Listik Tenaga Angin) dan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

  1. The Park Hyderabad

Dimana: Hyderabad, India

Jenis akomodasi: Hotel

Gerakan eco-friendly: Arsitektur juga eksteriornya tampak modern dan menakjubkan. Namum begitu, hotel ini memaksimalkan cahaya alami, mengurangi kebutuhan listrik, dan melakukan budaya insentif untuk transportasi hijau seperti sepeda dan mobil listrik. Hotel yang kental dengan budaya lokal ini mendapatkan sertifikasi piagam emas dari Leadership in Energy and Environmental Design (LEED).

  1. Hotel Punta Islita

Dimana: Guanacaste, Costa Rica

Jenis akomodasi: Hotel

Gerakan eco-friendly: Hotel ini didedikasikan untuk melindungi lingkungan telah mendapat penghargaan dari Departemen Pariwisata Berkelanjutan pemerintah Kosta Rika, dan para stafnya secara teratur terlibat dalam inisiatif reboisasi dan konservasi satwa liar.

  1. Jetwing Vil Uyana

Dimana: Sigiriya, Sri Lanka

Jenis akomodasi: Hotel

Gerakan eco-friendly: Hotel ini meningkatkan keanekaragaman hayati di daerah sekitarnya sejak dibangun pada lahan basah buatan manusia yang sebelumnya digunakan untuk pertanian. Program Earth Eternal Jetwing dari JEEP bekerja untuk berinovasi dalam ekowisata dan memberikan segalanya kembali kepada masyarakat.

  1. Misool Eco Resort

Dimana: Raja Ampat, Papua Barat

Jenis akomodasi: Resor

Gerakan eco-friendly: Dari daftar penginapan eco-friendly ini, resor ini adalah yang paling terpencil. Letaknya 165 kilometer dari pelabuhan terdekat, tidak ada polusi cahaya, polusi suara, dan tidak ada sinyal ponsel. Sejak dibangun, dive resort ini berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut dan hutan. Resor ini dibangun tanpa menebang satu pun batang pohon. Mereka mencari kayu apung di sepanjang pantai dan membeli kayu bekas dari penduduk. Kayu-kayu tersebut kemudian diolah sendiri oleh pihak resort untuk membangun kamar, bungalo, dan villa.

  1. Mandarin Oriental

Dimana: Las Vegas, Amerika

Jenis akomodasi: Hotel

Gerakan eco-friendly: Akomodasi ramah lingkungan bisa juga ada di pusat kota. Hotel yang terletak di Las Vegas ini memaksimalkan cahaya alami dan semua lampu yang digunakan merupakan compact fluorescent lamp (CFL). Semua interior menggunakan material yang bebas racun. Uniknya lagi restoran yang terkenal dengan sushi bar-nya ini menyajikan sustainable seafood atau makanan laut berkualitas, yang ditangkap dengan cara-cara baik dan legal atau didapat dari peternakan. Dengan cara ini keberlangsungan spesies tidak terganggu walau dipanen. Mensejahterakan lautan juga masyarakat nelayan.

 

Sumber:

http://mashable.com/2013/04/21/eco-friendly-hotels/#pAvMZvJ7Vuq4

https://blog.hotelscombined.com/travelling-green-the-worlds-top-eco-friendly-hotels/